Skip to content
Home » Cara Mengisi Pertanyaan Saat Survey Kredit Motor

Cara Mengisi Pertanyaan Saat Survey Kredit Motor

Ketika Anda ingin membeli motor baru tapi tidak memiliki cukup uang untuk membayar tunai, Anda bisa mengambil kredit motor. Sebelum disetujui oleh perusahaan pembiayaan, Anda akan dimintai pertanyaan saat survey kredit motor. Ini adalah langkah penting dalam proses pengajuan kredit motor. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengisi pertanyaan saat survey kredit motor.

Sebelum Survey

Sebelum menjalankan proses survey kredit motor, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah:

  1. Identitas (KTP atau SIM)
  2. Slip gaji atau rekening koran 3 bulan terakhir
  3. Surat keterangan tempat tinggal
  4. Fotokopi dokumen yang membuktikan kepemilikan aset atau benda berharga lainnya

Pertanyaan yang Mungkin Diajukan saat Survey

  1. Apa Tipe Motor yang Ingin Anda Beli?
    Pertanyaan ini sangat penting karena membantu perusahaan pembiayaan memperkirakan harga motor yang ingin Anda beli. Pastikan untuk menjawab pertanyaan ini dengan jelas dan seakurat mungkin.

  2. Berapa Lama Masa Kredit yang Diinginkan?
    Hal ini berkaitan dengan lamanya waktu yang Anda butuhkan untuk membayar kredit tersebut. Pastikan bahwa masa kredit yang Anda pilih sesuai dengan kemampuan pembayaran Anda.

  3. Berapa Suku Bunga yang Anda Inginkan?
    Suku bunga akan menentukan jumlah uang yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Pastikan bahwa suku bunga yang Anda pilih sesuai dengan anggaran Anda.

  4. Berapa Uang Muka yang Ingin Anda Bayar?
    Uang muka adalah jumlah uang yang harus Anda bayarkan pada awal kredit motor. Semakin besar uang muka, semakin kecil jumlah kredit yang harus Anda bayarkan, dan semakin kecil pula jumlah cicilan bulanan yang harus dibayarkan.

  5. Apakah Anda Sudah Memiliki Pengalaman Kredit Sebelumnya?
    Pertanyaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa sering Anda mengambil kredit sebelumnya dan bagaimana Anda berhasil membayar kredit-kredit sebelumnya.

  6. Apakah Anda Sudah Pernah Mengalami Keterlambatan Membayar Kredit?
    Pertanyaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jujur ​​Anda dalam memenuhi kewajiban pembayaran kredit Anda. Jika Anda pernah terlambat membayar kredit sebelumnya, pastikan Anda mengakui hal ini dengan jujur.

  7. Apa Pekerjaan Anda Saat Ini?
    Pertanyaan ini dilakukan untuk mengetahui penghasilan dan jenis pekerjaan Anda. Ini penting untuk mengevaluasi kemampuan pembayaran Anda.

  8. Berapa Jumlah Pinjaman yang Ingin Anda Ajukan?
    Pertanyaan ini dilakukan untuk mengetahui jumlah maksimum yang dapat Anda pinjam.

  9. Apakah Anda Memiliki Pinjaman Lain?
    Pertanyaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah Anda memiliki kewajiban pembayaran pinjaman lain.

  10. Berapa Lama Waktu Pembayaran Maksimum yang Dimiliki?
    Pertanyaan ini berkaitan dengan lama waktu pembayaran maksimum yang tersedia untuk Anda. Pastikan lama waktu pembayaran yang Anda pilih sesuai dengan kemampuan pembayaran Anda.

BACA JUGA:   USB Charger Motor: Mengisi Daya Ponsel Anda Saat Berkendara

Kesimpulan

Survey kredit motor adalah salah satu tahap penting dalam proses pengajuan kredit motor. Jangan takut dengan pertanyaan yang diajukan, karena mereka membantu perusahaan pembiayaan memahami kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar kredit. Pastikan untuk menjawab semua pertanyaan dengan jujur ​​dan seakurat mungkin. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mempersiapkan diri menjalani survey kredit motor yang akan datang.