Skip to content
Home ยป Cara Menghitung Lift Noken As untuk Performa Kendaraan yang Optimal

Cara Menghitung Lift Noken As untuk Performa Kendaraan yang Optimal

Sebagai seorang penggemar otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah lift noken as. Lift noken as merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam mesin kendaraan, terutama dalam meningkatkan performa mesin. Namun, sebelum menghitung lift noken as, mari kita ketahui dulu apa itu lift noken as.

Apa Itu Lift Noken As?

Lift noken as adalah jarak vertikal antara tepi atas katup dan permukaan kepala katup ketika katup sedang terbuka. Komponen ini merupakan bagian dari rangkaian sistem klep pada mesin kendaraan, yang berfungsi untuk mengatur masuknya dan keluarnya campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar mesin.

Lift noken as yang tepat dapat mempengaruhi performa mesin kendaraan secara signifikan. Oleh karena itu, penting untuk menghitung lift noken as yang sesuai dengan kebutuhan performa mesin kendaraan.

Cara Menghitung Lift Noken As

Ada beberapa cara untuk menghitung lift noken as, namun yang paling umum digunakan adalah metode berikut:

  1. Hitung durasi pembukaan katup
    Durasi pembukaan katup dihitung dari awal pembukaan katup hingga akhir pembukaan katup. Durasi pembukaan katup ini biasanya dinyatakan dalam derajat bukaan (degree of opening).

  2. Hitung sudut fasenya
    Sudut fasa adalah sudut di antara momen pembukaan katup dan momen penutupan katup. Sudut fasa ini juga dinyatakan dalam derajat.

  3. Hitung lift katup
    Lift katup dinyatakan dalam milimeter dan dihitung dari jarak vertikal antara tepi atas katup dan permukaan kepala katup ketika katup terangkat.

  4. Hitung lift noken as
    Lift noken as dihitung dengan cara membagi lift katup dengan rasio rocker arm.

BACA JUGA:   Nomor Mesin Xmax: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Skutik Yamaha Populer Ini

Fungsi Lift Noken As dalam Meningkatkan Performa Kendaraan

Lift noken as yang optimal dapat meningkatkan performa mesin kendaraan. Berikut adalah beberapa fungsi lift noken as dalam meningkatkan performa kendaraan:

  1. Memperbesar volume ruang bakar mesin
    Dengan meningkatkan lift noken as, volume ruang bakar mesin dapat diperbesar. Hal ini akan meningkatkan efisiensi pembakaran dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

  2. Meningkatkan supply udara dan bahan bakar
    Dengan meningkatkan lift noken as, kecepatan dan volume supply bahan bakar dan udara dapat ditingkatkan. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan daya mesin.

  3. Meningkatkan efisiensi pembakaran
    Dengan lift noken as yang tepat, efisiensi pembakaran dapat ditingkatkan. Hal ini akan mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui cara menghitung lift noken as untuk meningkatkan performa kendaraan. Penting untuk melakukannya dengan tepat agar dapat mendapatkan performa mesin kendaraan yang optimal. Selain itu, perlu juga diingat bahwa memilih komponen lift noken as yang tepat juga sangat penting dalam meningkatkan performa kendaraan.

Jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan Anda agar tetap prima dan aman dalam perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.