Skip to content
Home ยป Cara Menghitung Kompresi Mesin dengan Mudah dan Akurat

Cara Menghitung Kompresi Mesin dengan Mudah dan Akurat

Sebagai seorang penggemar otomotif, Anda mungkin sering mendengar istilah kompresi mesin namun belum mengetahui secara pasti apa artinya. Kompresi mesin adalah tekanan yang tercipta di dalam ruang bakar mesin saat langkah kompresi terjadi. Kompresi mesin yang buruk dapat menyebabkan mesin tidak bertenaga, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi serta pembakaran yang tidak sempurna. Oleh karena itu, cara untuk mengukur kompresi mesin sangatlah penting.

Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pengukuran, tentu saja dibutuhkan peralatan yang tepat. Selain pengukur tekanan (pressure gauge), berikut adalah beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mengukur kompresi mesin:

  • Spark plug socket
  • Extension
  • Breaker bar atau ratchet
  • Kompressor angin

Pastikan Anda memiliki semua peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai pengukuran.

Langkah-langkah Menghitung Kompresi Mesin

  1. Persiapkan mesin dengan baik. Pastikan mesin dalam kondisi dingin saat Anda mempersiapkannya. Lepaskan semua busi (spark plug) dan atur katup (valve) dalam posisi yang tepat.
  2. Pasang pengukur tekanan atau pressure gauge. Pasang pengukur tekanan di lubang busi yang kosong dan pastikan memasangnya dengan erat.
  3. Lepaskan sistem pengapian. Tempelkan kabel pengapian ke pengapian (ground) dan putar mesin sekitar 3-5 kali hingga tekanan maksimum tercipta di dalam ruang bakar.
  4. Baca hasil pengukuran. Ambil catatan tekanan dari tiap lubang busi dan bandingkan dengan kompresi normal yang tertera pada buku panduan kendaraan Anda.

Cara Menginterpretasikan Hasil Pengukuran

Setelah mengukur tekanan di tiap lubang busi, Anda perlu menginterpretasikan hasil pengukuran tersebut. Berikut adalah beberapa panduan umum yang bisa Anda gunakan:

  • Kompresi mesin yang sehat biasanya sekitar 120-170 psi (pounds per square inch).
  • Jangan khawatir jika hasil pengukuran tidak sama untuk tiap lubang busi Anda, selama selisihnya tidak lebih dari 10% maka hal tersebut masih wajar.
  • Jika tekanan rendah di satu atau beberapa lubang busi, kemungkinan ada masalah pada piston atau cincin piston.
  • Jika tekanan tinggi di satu atau beberapa lubang busi, kemungkinan ada masalah pada klep atau sumbatan pada saluran udara.
BACA JUGA:   Mengetahui Susunan Selang Radiator Jupiter MX

Kesimpulan

Menghitung kompresi mesin adalah suatu proses yang sangat penting dalam perawatan kendaraan Anda. Setelah Anda mengetahui panduan di atas, Anda bisa melakukan pengukuran dengan mudah dan akurat. Ingatlah untuk melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda. Dengan begitu, kendaraan Anda akan selalu bertenaga dan berfungsi dengan baik.

Sekian pembahasan mengenai ‘Cara Menghitung Kompresi Mesin dengan Mudah dan Akurat’. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda pembaca setia.