Skip to content
Home » Cara Mengencangkan Rantai Motor Satria FU

Cara Mengencangkan Rantai Motor Satria FU

Jika Anda memiliki motor Satria FU, Anda dapat merawatnya dengan mengencangkan rantai motor. Rantai motor yang longgar dapat membuat motor Anda tidak dapat berjalan dengan lancar atau bahkan rusak. Oleh karena itu, penting untuk mengencangkan rantai motor secara teratur. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda mengencangkan rantai motor Satria FU dengan benar.

Persiapan yang Dibutuhkan

Sebelum mengencangkan rantai motor, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan dan barang-barang yang dibutuhkan, seperti:

  • Ukurannya 8, 10, dan 12 kunci soket
  • Kunci Inggris
  • Penutup rantai atau kain
  • Kunci L
  • Nampan minyak atau benda lain sebagai penyangga motor
  • Busa pembersih

Pastikan Anda telah menyiapkan peralatan dan barang-barang di atas sebelum memulai proses pengencangan rantai motor Satria FU.

Langkah-Langkah untuk Mengencangkan Rantai Motor

Berikut adalah cara pengencangan rantai motor Satria FU yang benar:

  1. Parkirkan motor Anda di sebuah tempat yang datar dan aman. Jangan lupa untuk mematikan mesin dan menarik rem tangan sebelum memulai proses pengencangan rantai motor.

  2. Kencangkan rantai motor terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan memutar roda belakang dari sisi kanan ke kiri. Pada saat yang sama, pastikan posisi motor dalam posisi netral.

  3. Setelah itu, amati kondisi rantai motor. Periksa apakah rantainya kendor atau tidak. Jika rantai motor longgar, keluarkan kunci inggris dan buka mur penyetelah rantai.

  4. Setelah itu, letakkan kunci inggris pada mur yang telah dilepaskan tadi. Kemudian, gunakan kunci socket untuk mengencangkan mur pada bagian samping dan keluar dari bagian bawah.

  5. Periksa kembali kondisi rantai motor setelah pengencangan. Pastikan rantai motor sudah kencang dan tidak terlalu ketat saat diputar.

  6. Selanjutnya, periksa kembali posisi roda belakang jika sudah tertancap pada posisi asli.

  7. Setelah mengecek semuanya, putar roda belakang untuk memastikan rantai motor sudah tidak longgar. Kemudian, tutup penyetelah rantai.

  8. Cek kembali posisi rantai motor. Pastikan posisi rantai motor sudah lurus dan tidak melengkung saat diputar roda belakang.

BACA JUGA:   Baut Setelan Kopling Rx King: Panduan Terperinci dari Ahli Otomotif

Tips Tambahan

Anda dapat melakukan perawatan rutin pada rantai motor seperti membersihkan kotoran dan pelumas pada rantai motor. Membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan cara menggosok permukaannya dengan busa pembersih, sementara pelumasan dapat dilakukan dengan menggunakan oli pelumas rantai motor. Pastikan Anda memilih jenis pelumas yang sesuai dengan merek motor Satria FU Anda.

Simpulan

Mengencangkan rantai motor Satria FU adalah salah satu tindakan perawatan yang penting. Proses pengencangan yang tepat dapat meningkatkan umur pakai motor Anda. Dalam melakukan pengencangan rantai motor, pastikan Anda menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kunci inggris dan kunci soket. Selain itu, pastikan posisi motor dalam keadaan netral dan aman sebelum memulai proses pengencangan. Dengan beberapa tips tambahan, seperti membersihkan dan melumasi rantai motor, Anda dapat menjaga motor Satria FU Anda tetap sehat dan berperforma dengan baik.