Skip to content
Home » Cara Mengatasi Motor Tidak Mau Naik Gas

Cara Mengatasi Motor Tidak Mau Naik Gas

Mungkin di antara kita pernah mengalami masalah motor tidak mau naik gas. Tentu saja, ini sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

Penyebab Motor Tidak Mau Naik Gas

Sebelum kita membahas cara mengatasi masalah motor tidak mau naik gas, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab motor tidak mau naik gas. Beberapa penyebab ini antara lain:

  • Karburator kotor
  • Busi kotor atau rusak
  • Tanki bensin kosong atau filter bahan bakar tercemar
  • Stelan klep yang tidak benar
  • Kabel throttle yang kendor atau putus
  • Supercharger padam atau rusak

Cara Mengatasi Motor Tidak Mau Naik Gas

Setelah mengetahui penyebab utama motor tidak mau naik gas, mari kita bahas cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Lakukan Perawatan Karburator

Karburator kotor adalah salah satu penyebab utama motor tidak mau naik gas. Untuk itu, lakukan perawatan karburator secara rutin dengan membersihkan dan menyetel ulang. Lakukan pemeriksaan pada bagian berikut:

  • Butterfly valve
  • Main jet
  • Pilot jet
  • Float
  • Needle valve

Periksa Busi

Jika karburator sudah dibersihkan namun motor masih tidak bisa naik gas, periksa busi Anda. Busi kotor atau rusak bisa menjadi penyebab utama motor tidak mau naik gas. Jika busi sudah aus atau kotor, ganti dengan yang baru.

Cek Bahan Bakar dan Filternya

Pastikan bahan bakar di dalam tangki tidak kosong. Jika tangki sudah penuh, cek filter bahan bakar pada tangki. Jika filter tercemar atau rusak, ganti dengan yang baru.

Stelan Klep

Pastikan stelan klep pada mesin motor Anda benar. Jika stelan klep tidak benar, mesin tidak akan dapat berjalan dengan baik. Lakukan penyetelan ulang pada klep agar mesin dapat berjalan normal kembali.

BACA JUGA:   Perbedaan Karbu GL Max dan MegaPro

Cek Kabel Gas dan Kabel Throttle

Pastikan kabel gas dan kabel throttle pada mesin motor Anda tidak kendor atau putus. Jika kabel-kabel ini rusak, ganti dengan yang baru agar motor bisa normal kembali.

Periksa Supercharger

Untuk motor yang menggunakan sistem supercharger, pastikan sistem tersebut dalam kondisi baik. Supercharger padam atau rusak bisa menjadi penyebab motor tidak mau naik gas. Jika sistem supercharger rusak, ganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Motor tidak mau naik gas bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi kita. Namun, dengan melakukan beberapa cara seperti membersihkan karburator dan menyervis mesin secara rutin, masalah ini bisa diatasi. Pastikan juga untuk mengganti komponen yang rusak atau tidak berfungsi dengan yang baru. Dengan demikian, Anda bisa menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki masalah ini.