Skip to content
Home » Cara Menaikan Pengapian RX King

Cara Menaikan Pengapian RX King

RX King merupakan salah satu motor legendaris dari Yamaha yang hingga saat ini masih banyak dicari oleh para pecinta dunia otomotif. Motor ini memiliki performa yang tangguh dan sudah terkenal sejak lama. Namun, jika Anda ingin meningkatkan performa mesin RX King, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara menaikan pengapian RX King.

Apa itu Pengapian RX King?

Pengapian RX King adalah sistem yang mengatur waktu percikan api pada busi sehingga dapat membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Apabila pengapian tidak tepat, maka proses pembakaran pada mesin tidak akan maksimal dan hal ini berdampak pada performa motor yang tidak optimal.

Cara Menaikan Pengapian RX King

Berikut adalah beberapa cara menaikan pengapian RX King yang bisa Anda lakukan:

1. Ganti Busi dengan Busi yang Dapat Diatur Tingkat Pengapianya

Pilihan terbaik untuk meningkatkan pengapian RX King adalah dengan mengganti busi standar dengan busi yang dapat diatur tingkat pengapianya. Dengan metode ini, pengaturan waktu pengapian pada mesin dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin motor secara spesifik.

2. Mengganti CDI dengan CDI Aftermarket

Untuk menghasilkan performa mesin yang lebih baik, Anda juga bisa mengganti CDI standar dengan CDI Aftermarket. Dalam hal ini, CDI Aftermarket memiliki kemampuan mengatur pengapian pada mesin dengan cara yang lebih efisien, sehingga performa mesin pun menjadi lebih optimal.

3. Mengatur Tingkat Pengapian Secara Manual

Anda juga bisa melakukan pengaturan tingkat pengapian secara manual dengan alat khusus yang tersedia di pasaran. Jangan lupa untuk melakukan pengaturan dengan hati-hati dan cermat, agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

4. Memperbaiki Kerusakan pada Sistem Pengapian

Jika hasil pengapian RX King terganggu, bisa jadi ada masalah pada sistem pengapian. Cobalah untuk melakukan pengecekan pada kondisi kabel pengapian, koil, dan sensor CKP. Jangan lupa untuk mengganti jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen itu.

BACA JUGA:   CDI Skywave: Mengoptimalkan Penggunaan Motor Anda

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda sudah mengetahui beberapa cara menaikan pengapian RX King yang bisa diterapkan pada mesin motor Anda. Namun, perlu diingat bahwa semua cara tersebut harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat, agar tidak terjadi kerusakan pada mesin motor. Jangan lupa juga untuk memperhatikan pengaturan karburator dan perawatan mesin secara rutin, karena hal ini juga mempengaruhi performa mesin motor Anda. Selamat mencoba!