Skip to content
Home » Cara Memperbaiki Pompa Oli Fiz R yang Bocor

Cara Memperbaiki Pompa Oli Fiz R yang Bocor

Jika Anda memiliki pompa oli yang bocor pada motor Yamaha Fiz R Anda, jangan panik! Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan mudah jika Anda mengikuti panduan ini. Berikut adalah langkah untuk memperbaiki pompa oli Fiz R yang bocor.

Tahap Persiapan

Sebelum memulai perbaikan, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan:

  • Kit perbaikan pompa oli Fiz R
  • Kunci pas 8, 10, dan 12 mm
  • Obeng
  • Kain lap
  • Penghapus karet bersih

Pastikan Anda juga memiliki di bawah motornya, bila tidak apotek tersebut botol ini dan memungkinkan oli drain out di bawah botol tersebut dengan aman.

Langkah 1: Mengosongkan Sisa Oli

Langkah pertama untuk memperbaiki pompa oli adalah dengan mengosongkan sisa oli yang ada di dalam mesin. Anda dapat melakukannya dengan membuka drain plug pada dasar mesin. Pastikan Anda memasang wadah di bawah mesin untuk menampung oli yang keluar.

Langkah 2: Melepaskan Pompa Oli

Setelah mengosongkan sisa oli, langkah selanjutnya adalah melepaskan pompa oli. Anda harus melepaskan beberapa baut sekitar pompa oli dan kemudian menariknya keluar dari mesin. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tepat terkait dengan mesin Anda.

Langkah 3: Membersihkan Pompa Oli

Setelah pompa oli dilepas, Anda kemudian perlu membersihkannya sebelum mengganti kit perbaikan. Bersihkan bagian dalam dan luar pompa oli dengan penghapus karet bersih dan kain lap.

Pastikan tidak ada kotoran atau kerak yang tertinggal pada pompa oli setelah di bersihkan, bila masih ada, ulangi hingga bersih.

Langkah 4: Mengganti Kit Perbaikan

Setelah pompa oli dibersihkan, langkah selanjutnya adalah mengganti kit perbaikan. Tempatkan baut dan segel baru untuk memastikan pompa oli kembali menjadi fungsi sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:   Persamaan CDI Spin

Pasang kembali pompa oli ke mesin, pastikan baut terpasang dengan benar dan pengencangannya kencang juga dengan benar. Jangan terlalu kencang untuk menghindari pompa oli atau mesin dari kerusakan.

Langkah 5: Mengisi Oli Baru

Setelah pompa oli terpasang, langkah terakhir adalah mengisi mesin kembali dengan oli baru. Pastikan Anda menggunakan jenis oli yang direkomendasikan oleh pabrik, dan pastikan Anda mengisi kembali dengan jumlah yang sesuai.

Nyalakan mesin sekitar 30 detik dan cek tekanan oli. Bila tekanan oli tidak sesuai maka ulangi pengecekan dan penggantian oli secara berkala terutama saat hendak bepergian yang terbilang jauh.

Kesimpulan

Memperbaiki pompa oli Fiz R yang bocor sebenarnya cukup mudah dilakukan jika Anda tahu langkah yang tepat dan mengikuti panduan ini dengan seksama. Pastikan Anda mempersiapkan peralatan yang tepat serta teliti ketika memasang segel atau bantalan untuk pompa oli. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari mesin-mesin lainnya atau ahlinya, pada saat diperlukan, terutama bagi Anda yang kurang berpengalaman dalam merakitnya. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam perbaikan pompa oli Fiz R Anda!