Skip to content
Home » Cara Memperbaiki Aki Kering Motor yang Mati Total

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor yang Mati Total

Motor yang tiba-tiba mati total saat digunakan bisa jadi menjadi masalah yang sangat meresahkan, terutama jika penyebabnya adalah aki kering yang tidak dapat menghasilkan arus listrik atau dayanya sudah habis. Padahal, aki adalah salah satu komponen penting pada sebuah motor karena berperan sebagai sumber tenaga listrik utama. Oleh karena itu, ketika aki motor sudah kering dan tidak dapat berfungsi dengan baik, maka motor pun tidak akan berjalan normal.

Nah, jika Anda sedang mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir karena ada cara mudah untuk memperbaiki aki kering motor yang mati total. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Cek Kabel Aki

Cek kabel aki secara menyeluruh karena kerusakan pada kabel ini sering menyebabkan aki tidak bisa berfungsi. Periksa kabel aki dari ujung ke ujung dan pastikan tidak ada kabel yang putus atau rusak. Jika terdapat kerusakan pada kabel, segera ganti dengan yang baru.

2. Bersihkan Terminal Aki

Bersihkan terminal aki dengan menggunakan sikat kawat atau amplas untuk membuang karat atau kotoran yang menempel. Pastikan juga terminal aki bersih dan kering sebelum dipasangkan kembali dengan kabel aki.

3. Periksa Level Air Aki

Aki kering biasanya disebabkan karena kurangnya level air didalam aki. Periksa level air aki dengan membuka tutup celah pengisian di bagian atas aki. Jika level air kurang, tambahkan air suling hingga mencapai level yang disarankan pada aki.

4. Charge Aki dengan Charger

Jika setelah melakukan langkah 1,2, dan 3 tetap tidak dapat menghidupkan mesin, coba untuk mengisi daya aki dengan menggunakan charger. Caranya sangat mudah, cukup hubungkan kabel charger pada aki serta colokan charger pada sumber listrik AC saja. Tunggu beberapa jam sampai level daya kembali penuh, setelah itu pasang kembali aki pada motor.

BACA JUGA:   Diameter Klep Scorpio: Ukuran yang Tepat untuk Performa Optimal

5. Ganti Aki

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan masih tidak dapat menghidupkan mesin, kemungkinan besar aki Anda sudah rusak parah dan perlu diganti dengan yang baru. Ganti aki dengan yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika mengalami masalah dengan aki kering motor yang mati total. Pastikan selalu melakukan perawatan secara rutin pada aki untuk menjaga agar performa motor tetap baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!