Skip to content
Home ยป Cara Memilih Alat Pembersih Motor yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Cara Memilih Alat Pembersih Motor yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Pada umumnya, setiap orang yang mempunyai kendaraan pasti ingin menjaga kendaraannya tetap terlihat baru dan bersih. Apalagi jika kendaraan tersebut digunakan untuk kegiatan sehari-hari, maka bersih dan terawat menjadi sebuah keharusan. Alat pembersih motor yang dipilih pun haruslah tepat dan bisa memenuhi kebutuhan dalam membersihkan kendaraan. Namun terkadang, pemilihan alat pembersih yang tepat menjadi sesuatu yang membingungkan, terlebih lagi jika belum terbiasa atau tidak tahu cara memilih pembersih motor yang tepat.

Pahami Jenis Pembersih Motor di Pasaran

Sebelum memilih alat pembersih motor yang tepat, kita perlu memahami jenis-jenis pembersih motor yang beredar di pasaran. Berikut ini beberapa jenis pembersih motor yang umum digunakan:

  1. Cairan pembersih berbasis air: Cairan pembersih jenis ini cocok digunakan pada semua jenis kendaraan karena mengandung bahan-bahan yang mudah larut di air dan dianggap aman. Namun, karena bersifat air, butuh waktu lebih lama untuk mengeringkan.

  2. Cairan pembersih berbasis solvent: Cairan pembersih ini mengandung bahan-bahan yang tidak larut di air dan lebih bersifat kental. Cocok digunakan untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan. Namun, karena kandungan bahan kimia yang tinggi, cairan pembersih ini harus digunakan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan kendaraan.

  3. Foam Cleaner: Foam cleaner adalah cairan pembersih yang diramu khusus untuk membersihkan kotoran dan debu pada body kendaraan. Cairan pembersih yang menghasilkan busa ini dapat membersihkan permukaan kendaraan tanpa perlu membilasnya dengan air. Oleh karena itu, foam cleaner sangat cocok digunakan untuk kendaraan yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah terkorosi.

  4. Metal Care: Cairan pembersih jenis ini dipakai untuk membersihkan bagian sepeda motor yang terbuat dari bahan metal seperti sparepart, velg, knalpot, dan lain-lain. Cairan metal care ini diformulasi khusus untuk merawat permukaan metal sehingga terlihat mengkilap, berkilau, dan tidak cepat berkarat.

BACA JUGA:   Motor Tiba-tiba Mati Saat Di Gas, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Dari empat jenis pembersih motor di atas, kita bisa memilih jenis mana yang paling sesuai dengan jenis kendaraan yang kita miliki.

Pilih Merk Pembersih Motor yang Terpercaya

Setelah mengetahui jenis-jenis pembersih motor, kita harus memilih merk atau brand yang terpercaya. Merk yang terpercaya biasanya memiliki kualitas yang bagus dan bisa dipercaya untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa merk pembersih motor yang terpercaya antara lain sebagai berikut:

  • Meguiar’s
  • Turtle Wax
  • Rain-X
  • Armor All
  • Mothers
  • Chemical Guys
  • Griot’s Garage

Namun, merk pembersih motor terpercaya memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan merk yang tidak terkenal. Maka dari itu, sebelum membeli sebaiknya perhatikan budget yang kita miliki dan sebaiknya memilih merk yang sesuai dengan budget dan kualitas yang tetap terjaga.

Pilih Aplikator yang Tepat

Selain memiliki jenis dan merk yang berbeda, pembersih motor juga membutuhkan aplikator yang tepat. Aplikator yang tepat akan memudahkan kita dalam membersihkan kendaraan. Berikut ini beberapa aplikator pembersih motor yang bisa dipilih:

  1. Spons: Spons umum digunakan sebagai aplikator pembersih motor. Spons yang dipilih harus empuk dan tidak merusak permukaan kendaraan.

  2. Car Wash Mitt: Seperti namanya, car wash mitt adalah aplikator pembersih kendaraan yang mirip dengan sarung tangan. Car wash mitt lebih nyaman digunakan dan memudahkan dalam mencapai bagian-bagian yang sulit dijangkau.

  3. Microfiber Towels: Microfiber towels cocok digunakan untuk mengeringkan kendaraan setelah dibilas. Kain yang lembut akan meminimalisir noda dan goresan pada permukaan kendaraan.

Setelah mengetahui jenis-jenis aplikator, kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita dalam membersihkan kendaraan.

Kesimpulan

Pada intinya, memilih alat pembersih motor yang tepat akan sangat membantu kita dalam menjaga kendaraan agar tetap terlihat bersih dan terawat. Pemilihan jenis dan merk yang tepat akan mempengaruhi hasil akhir dari pembersih yang digunakan. Tidak hanya itu, pemilihan aplikator yang tepat juga dapat mempercepat proses pembersihan. Bagi yang masih bingung dalam memilih alat pembersih motor, silakan gunakan informasi di atas untuk memudahkan pemilihan.

BACA JUGA:   Gambar Soket Kiprok Karisma: Memahami Sistem Pengisian pada Motor Karisma