Skip to content
Home ยป Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk

Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk

Sebagai seorang penggemar motor, khususnya motor sport, pastinya kamu ingin merasakan sensasi nyaman ketika berkendara. Salah satu hal yang bisa membuatmu merasa nyaman adalah shock depan yang empuk. Shock depan yang empuk akan membantu menyerap guncangan dan membuat perjalananmu lebih nyaman.

Namun, terkadang shock depan yang empuk bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Keempukan shock depan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti usia motor, kualitas shock depan, dan juga metode perawatan yang dilakukan.

Berikut ini adalah cara membuat shock depan motor empuk yang dapat kamu ikuti:

1. Ganti Oli Shock Depan

Oli pada shock depan sangat penting untuk menjaga keempukan shock depan. Jika oli sudah terlalu kotor atau habis, maka keempukan shock depan akan menghilang. Oleh karena itu, ganti oli pada shock depanmu secara berkala.

2. Periksa Kondisi Bushing

Bushing adalah bantalan pada shock depan yang berfungsi sebagai pelindung dan penyangga. Jika bushing sudah aus atau rusak, maka keempukan shock depan akan menurun. Periksa kondisi bushing dan ganti jika diperlukan.

3. Ganti Per Keong

Per keong adalah bagian dalam shock depan yang berfungsi sebagai penyerap guncangan. Jika per keong sudah aus atau rusak, maka keempukan shock depan akan berkurang. Ganti per keong dengan yang baru untuk menjaga keempukan shock depan.

4. Periksa Kondisi Per dan Pegangan Per

Per dan pegangan per juga merupakan bagian penting pada shock depan. Periksa keempukan dan kondisinya secara berkala. Jika sudah aus atau rusak, ganti dengan yang baru.

BACA JUGA:   Persamaan CDI Xeon Karbu

5. Sesuaikan Ketinggian Shock Depan

Sesuaikan ketinggian shock depan dengan berat badanmu. Jika shock depan terlalu rendah, maka keempukan dan kenyamanan berkendara akan menurun. Namun jika terlalu tinggi, maka handling motor akan kurang baik.

Dengan mengikuti cara membuat shock depan motor empuk di atas, kamu bisa merasakan sensasi berkendara yang lebih nyaman. Selain itu, pastikan untuk melakukan perawatan pada motor secara berkala agar keempukan shock depan selalu terjaga.

Jangan lupa selalu berhati-hati ketika berkendara dan pastikan untuk menggunakan peralatan pengaman seperti helm dan jaket berkendara. Selamat berkendara!