Skip to content
Home » Cara Membuat Shock Belakang Empuk

Cara Membuat Shock Belakang Empuk

Saat Anda mengendarai mobil, guncangan dan getaran dari jalan bisa membuat perjalanan Anda tidak nyaman. Shock belakang yang empuk adalah solusi untuk masalah ini. Namun, bagaimana cara membuat shock belakang yang empuk? Di artikel ini, akan dibahas cara pembuatan dan pemasangan shock belakang empuk untuk kendaraan Anda.

Mengapa Anda memerlukan shock belakang empuk?

Shock belakang adalah bagian dari sistem suspensi pada kendaraan Anda dan bertanggung jawab untuk menangani getaran dan guncangan saat Anda mengendarai mobil. Namun, karena intensitas jalan dan usia, shock belakang dapat kehilangan kemampuan untuk menangani guncangan dan getaran. Ini dapat mengakibatkan perjalanan yang tidak nyaman dan bahkan dapat mempengaruhi kemampuan Anda dalam mengendalikan kendaraan.

Membuat shock belakang empuk

Langkah pertama dalam pembuatan shock belakang empuk adalah dengan memilih bahan. Bahan yang direkomendasikan adalah material karet, selulosa, atau foam. Bahan dibutuhkan dalam jumlah yang cukup dan memadai dari 4 hingga 6 inci.

Kemudian, bahan yang telah dipilih diukur dan dipotong ke ukuran yang sesuai dengan shock absorber kendaraan Anda. Pastikan untuk menggunakan alat yang tepat saat memotong bahan agar tidak merusaknya.

Setelah bahan dipotong, Anda dapat memasangnya di antara shock absorber dan per ke roda. Gunakan baut dan mur dalam ukuran yang sesuai untuk memasangnya. Pastikan baut di pasang dengan kencang tetapi tidak terlalu kencang sehingga bahan tidak rusak.

Pemasangan Shock Belakang Empuk

Sekarang, setelah Anda telah berhasil membuat shock belakang empuk, saatnya memasangnya pada kendaraan Anda.

Langkah pertama adalah mengangkat mobil Anda dengan jack untuk membuat ruang untuk pemasangan shock belakang empuk yang baru.

Kemudian, lepaskan shock belakang lama dengan memutar mur dan baut dengan kunci pas. Setelah itu, pasang shock belakang empuk baru yang telah Anda buat. Gunakan kembali mur dan baut untuk memasang shock belakang baru. Pastikan untuk memasangnya dengan ketat untuk menghindari kebocoran.

BACA JUGA:   Cara Top Up Tokocrypto

Setelah itu, periksa kembali pemasangan dengan hati-hati agar Anda yakin bahwa shock belakang empuk terpasang dengan benar. Ulangi di sisi lain kendaraan jika perlu.

Kesimpulan

Mengganti shock belakang empuk adalah solusi ampuh untuk mengatasi perjalanan yang tidak nyaman saat mengendarai mobil. Dalam artikel ini, sudah dijelaskan cara membuat dan memasang shock belakang empuk secara efektif pada kendaraan Anda. Jangan ragu untuk mencoba cara pembuatan shock belakang empuk ini dan rasakan perbedaannya setelah pemasangan.

Simak juga: Tips Merawat Shock Absorber untuk Kendaraan Anda