Skip to content
Home » Cara Memasang Cantolan Towing Mobil yang Tepat

Cara Memasang Cantolan Towing Mobil yang Tepat

Cantolan towing mobil adalah perangkat yang sangat berguna untuk menarik kendaraan yang rusak atau mogok dari satu tempat ke tempat lain. Namun, cara memasang cantolan towing mobil yang tepat cukup sulit bagi banyak pengendara. Inilah panduan lengkap tentang cara memasang cantolan towing mobil dengan tepat.

Apa itu Cantolan Towing Mobil?

Cantolan towing mobil, juga dikenal sebagai hitch receiver, adalah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menarik trailer atau kendaraan lain. Cantolan ini terdiri dari bola pengait dan lengan pemegang.

Jenis Cantolan Towing Mobil

Terdapat beberapa jenis cantolan towing mobil yang dapat Anda pilih, tergantung pada kebutuhan Anda.

Tipe 1

Tipe 1 adalah tipe cantolan towing mobil yang dapat menarik beban hingga 907 kg. Cantolan ini dapat dipasang pada kendaraan kecil seperti hatchback atau sedan.

Tipe 2

Tipe 2 adalah tipe cantolan towing mobil yang dapat menarik beban hingga 3.500 kg. Cantolan ini dapat dipasang pada SUV atau kendaraan yang lebih besar.

Tipe 3

Tipe 3 adalah tipe cantolan towing mobil yang dapat menarik beban hingga 5.443 kg. Cantolan ini biasanya dipasang pada truk besar.

Langkah Demi Langkah Memasang Cantolan Towing Mobil

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang cantolan towing mobil.

Langkah 1: Pilih Cantolan Towing Mobil yang Sesuai

Pastikan Anda memilih cantolan towing mobil yang sesuai dengan kendaraan Anda. Sebaiknya, Anda membawa kendaraan Anda ke bengkel untuk mengecek kesesuaian cantolan dengan kendaraan Anda.

Langkah 2: Bersihkan Area Pemasangan

Sebelum memasang cantolan towing mobil, pastikan area pemasangan dalam keadaan bersih. Bersihkan area pemasangan dari kotoran atau debu menggunakan sabun dan air.

Langkah 3: Pasang Cantolan Towing Mobil

Tempatkan cantolan towing mobil pada bumper belakang kendaraan Anda. Gunakan baut dan mur yang disediakan untuk memasang cantolan pada kendaraan Anda. Pastikan bahwa bola pengait berada pada ketinggian yang benar dan sejajar dengan tanah.

BACA JUGA:   Towing Bumper Mobil: Panduan Lengkap untuk Memilih Bumper yang Tepat

Langkah 4: Uji Cantolan Towing Mobil

Setelah memasang cantolan towing mobil, pastikan untuk melakukan uji coba. Tempatkan beban yang cukup berat pada bola pengait dan pastikan bahwa cantolan berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Memasang cantolan towing mobil yang tepat dapat membantu Anda menarik kendaraan yang rusak atau mogok dengan mudah. Pastikan untuk memilih tipe cantolan towing mobil yang sesuai dengan kendaraan Anda dan memasangnya dengan benar. Jangan lupa untuk melakukan uji coba setelah memasang cantolan towing mobil. Dengan cara yang tepat, Anda dapat memasang cantolan towing mobil dengan mudah dan aman.