Skip to content
Home » Cara Melepas Rantai Sepeda

Cara Melepas Rantai Sepeda

Rantai sepeda adalah salah satu komponen penting dalam sepeda. Namun, terkadang kita membutuhkan untuk melepasnya, misalnya ketika membersihkan atau mengganti bagian yang lain. Sebenarnya, melepas rantai sepeda tidaklah sulit, tetapi dibutuhkan beberapa alat dan teknik yang tepat. Jika Anda ingin belajar cara melepas rantai sepeda dengan benar, simak penjelasan berikut ini.

Persiapan

Sebelum memulai proses melepas rantai sepeda, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa alat dan perlengkapan berikut:

  • Kunci ring atau kunci inggris untuk mengencangkan atau mengendurkan baut roda belakang
  • Pengait rantai (chain tool)
  • Lap kain atau tisu untuk membersihkan komponen yang terkena oli atau kotoran

Langkah-langkah

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melepas rantai sepeda:

  1. Pertama-tama pastikan sepeda dalam kondisi stabil dengan menempatkannya di tempat yang rata dan kokoh, atau menggunakan stasioner.
  2. Lemahkan baut roda belakang dengan kunci ring atau kunci inggris, lalu tarik roda belakang dengan hati-hati ke arah belakang untuk mengendorkan rantai.
  3. Setelah roda belakang terlepas, sambungkan pengait rantai ke salah satu ujung rantai depan. Kemudian, putar pengait rantai searah jarum jam hingga ujung rantai terlepas dari piringan roda belakang.
  4. Rantai sepeda sekarang dapat dilepas dari piringan roda belakang dengan mudah.
  5. Untuk mengganti rantai sepeda dengan yang baru, lakukan langkah sebaliknya dengan memasang rantai baru ke piringan roda belakang, lalu mengencangkan baut roda belakang seperti semula.

Tips & Trik

  • Pastikan rantai dalam kondisi bersih dan kering sebelum melepasnya.
  • Usahakan untuk melepas dan memasang rantai sepeda dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya.
  • Jangan terlalu memeras pengait rantai saat melepas rantai agar tidak membuat piringan roda belakang bengkok atau rusak.
  • Sebelum memasang rantai sepeda yang baru, pastikan ukurannya sesuai dengan spesifikasi sepeda dan diukur dari titik tengah antara roda depan dan roda belakang.
BACA JUGA:   Paket Bore Up Tiger: Cara Mudah Menambah Performa Motor Anda

Kesimpulan

Itulah cara melepas rantai sepeda yang benar. Selalu periksa kondisi komponen sepeda sebelum menggunakannya untuk mencegah kerusakan. Dengan mempelajari cara melepas rantai sepeda, Anda dapat melakukan perawatan dan perbaikan sepeda sendiri di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya di bengkel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang menyukai olahraga sepeda.