Skip to content
Home » Cara Melepas Bosh Klep Satria Fu

Cara Melepas Bosh Klep Satria Fu

Jika Anda ingin melakukan perawatan pada klep di sepeda motor Satria FU, maka salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah melepas bosh klep. Ada beberapa alat yang harus Anda persiapkan, seperti obeng, kunci sok, dan lain-lain. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah cara melepas bosh klep Satria FU dengan tepat dan aman.

Persiapan Alat

Sebelum memulai proses melepas bosh klep, pastikan untuk mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan. Di bawah ini adalah daftar alat yang Anda perlukan:

  • Kunci sok
  • Obeng
  • Pinset atau tang
  • Penghapus internal
  • Kapas atau lap bersih
  • Pelumas atau oli
  • Wadah untuk menampung part-part yang dilepas

Pastikan bahwa alat-alat yang Anda gunakan sudah dalam kondisi baik dan tidak cacat. Hal ini untuk memastikan bahwa proses melepas bosh klep berjalan dengan lancar dan aman.

Langkah-langkah Melepas Bosh Klep Satria FU

Setelah semua alat siap, berikut adalah langkah-langkah melepas bosh klep pada sepeda motor Satria FU:

  1. Matikan mesin dan cabut kabel busi.
  2. Lepaskan tutup klep dengan menggunakan kunci sok. Tutup klep yang sudah dilepas, letakkan di atas lap bersih.
  3. Letakkan piston pada posisi TDC (Top Dead Center) dengan memutar roda belakang hingga garis T pada flywheel sejajar dengan marka di crankcase.
  4. Lepaskan spark plug dan lepas juga klep in dan klep out yang berada di sisi piston atas. Posisikan piston pada bagian bawah tengah sehingga klep tidak terbentur dengan piston pada saat melepas bosh klep. Jangan lupa untuk menutup lubang klep agar tidak ada partikel atau debu yang masuk saat bosh klep dilepas.
  5. Lepaskan bosh klep dengan menggunakan obeng atau pinset. Pegang bosh klep dengan kuat agar tidak terlepas dan tercecer.
  6. Bersihkan bosh klep dengan menggunakan penghapus internal. Setelah itu, lap bosh klep dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam pelumas atau oli.
  7. Pasang kembali bosh klep dan pasangkan kembali klep in dan klep out pada sisi piston atas.
  8. Pasang kembali tutup klep dengan menggunakan kunci sok. Jangan lupa untuk memperbaiki elektroda di ujung busi agar terlihat lebih bagus dan lebih baik kinerjanya.
  9. Pasangkan spark plug dan kabel busi.
BACA JUGA:   Kode 24 Nmax: Rahasia di Balik Performa Tinggi

Kesimpulan

Mengutak-atik mesin sepeda motor mungkin terasa menakutkan, tetapi dengan mengetahui langkah-langkah yang tepat, proses melepas bosh klep pada Satria FU tidaklah serumit yang dipikirkan. Pastikan untuk mempersiapkan semua alat dengan benar, dan pastikan pula bahwa proses melepas bosh klep dilakukan oleh orang yang memiliki pengalaman atau sudah memahami betul tentang mesin sepeda motor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perawatan pada klep di sepeda motor Satria FU.