Skip to content
Home ยป Cara Kerja Oil Pump: Memahami Fungsi dan Jenis

Cara Kerja Oil Pump: Memahami Fungsi dan Jenis

Pada artikel ini, saya akan membahas secara rinci tentang cara kerja oil pump dan jenisnya. Oil pump adalah bagian dari sistem pelumasan pada mesin kendaraan yang berfungsi untuk memompa oli ke seluruh komponen mesin agar tidak terjadi gesekan berlebihan.

Fungsi Oil Pump

Fungsi utama dari oil pump adalah memompa oli ke seluruh bagian mesin kendaraan dan mengendalikan tekanan oli agar tetap stabil. Oli tersebut berfungsi sebagai pelumas dan juga membantu menurunkan suhu mesin dengan membawa panas ke tengah mesin.

Tanpa adanya oil pump, gesekan yang terjadi pada komponen mesin akan sangat tinggi, sehingga akan menyebabkan kerusakan pada mesin lama kelamaan.

Jenis-Jenis Oil Pump

  1. Gear Pump

Gear pump adalah jenis oil pump yang paling umum digunakan. Terdiri dari dua roda gigi, yaitu gear drive dan gear idler. Kedua roda gigi ini akan berputar untuk memompa oli dari tangki oli.

  1. Rotor Pump

Rotor pump merupakan jenis oil pump yang berbentuk seperti rotor dengan bilah-bilah. Ketika rotor diputar, maka bilah-bilah akan berputar dan membawa oli untuk memompa ke seluruh komponen mesin.

  1. Vane Pump

Vane pump terdiri dari roda gigi yang berputar dengan baling-baling pada sisi roda gigi. Ketika roda gigi berputar, baling-baling akan menekan ruang kecil, sehingga oli dapat dipompa dan disalurkan ke seluruh komponen mesin.

Cara Kerja Oil Pump

Cara kerja oil pump cukup sederhana. Ketika mesin dinyalakan, oil pump akan langsung mulai bekerja untuk memompa oli. Oli akan diambil dari tangki oli dan ditekan oleh oil pump ke dalam mesin melalui lubang-lubang kecil.

BACA JUGA:   Meningkatkan Performa Motor Anda dengan Mengganti Komstir Thunder 125

Oli kemudian memasuki filter oli, yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil yang terdapat di dalam oli. Setelah itu, oli akan mengalir ke seluruh bagian mesin dan bertemu dengan komponen mesin yang sedang berputar.

Tekanan oli harus selalu terjaga agar mesin bisa berjalan dengan lancar dan diperlukan oleh mesin dengan jenis apapun.

Kesimpulan

Oil pump merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan mesin kendaraan. Dengan dipahami fungsi dan jenis oil pump, kita dapat melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan.

Setelah mengetahui cara kerja oil pump dan jenisnya, kita dapat melakukan pemilihan yang tepat untuk memilih oli dan perawatan yang tepat untuk menjaga agar mesin selalu bekerja dengan normal dan tenggelam dengan baik.