Skip to content
Home » Cara Kerja Noken As

Cara Kerja Noken As

Sebagai seorang penggemar otomotif, saya yakin Anda sudah mengenal apa itu noken as dan pentingnya bagi kinerja mesin kendaraan Anda. Namun, tentu tidak semua orang memahami cara kerja noken as secara detail. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai cara kerja noken as agar Anda dapat memahami secara menyeluruh.

Apa Itu Noken As?

Sebelum membahas cara kerja noken as, kita perlu memahami apa itu noken as terlebih dahulu. Noken as adalah salah satu komponen penting dalam mesin kendaraan berbahan bakar internal. Tugas utama dari noken as adalah mengontrol buka-tutup katup pada mesin, sehingga membuat mesin berfungsi secara optimal.

Bagaimana Noken As Bekerja?

Ketika mesin dihidupkan, noken as akan berputar mengikuti putaran mesin. Kemudian, noken as akan menekan penggalas kemudi yang terhubung dengan tuas penumpu katup. Saat tuas penumpu diturunkan oleh penggalas kemudi, katup engine akan terbuka dan gas campuran udara serta bahan bakar akan masuk ke dalam ruang bakar. Setelah itu, noken as akan melepas tekanan pada penggalas kemudi dan tuas penumpu katup akan naik kembali. Saat tuas penumpu naik, katup engine akan tertutup dan gas yang sudah terbakar akan dikeluarkan melalui knalpot.

Jenis Noken As

Dalam penggunaan noken as, ada dua jenis utama yang biasa dipakai yaitu noken as standar dan noken as performa. Noken as standar cocok untuk kendaraan yang digunakan sehari-hari, sedangkan noken as performa biasanya digunakan pada kendaraan yang ingin meningkatkan performa mesin seperti untuk balap atau untuk kendaraan modifikasi.

Perbedaan Noken As Standar dan Performa

Perbedaan antara kedua jenis noken as terletak pada durasi, ada waktu buka tutup yang berbeda pada saat katup dibuka dan ditutup. Noken as performa memiliki durasi yang lebih panjang dan bukaan katup yang lebih tinggi, hal ini memungkinkan lebih banyak udara dan bahan bakar masuk ke dalam mesin. Selain itu, noken as performa juga memiliki lobe yang lebih tinggi sehingga memungkinkan mesin menghasilkan tenaga yang lebih besar pada putaran tinggi.

BACA JUGA:   Jalur Pompa Oli Satria FU: Perlu Diperhatikan dalam Pemeliharaan Mobil Anda

Perawatan Noken As

Dalam memelihara kinerja noken as, kita perlu mengganti noken as secara berkala sesuai dengan petunjuk dari produksi mesin. Selain itu, pastikan juga untuk mengganti oli secara teratur dan menjaga kebersihan mesin agar tidak terjadi kerusakan pada noken as.

Kesimpulan

Kini, Anda sudah memahami cara kerja noken as dan jenis noken as yang bisa digunakan pada mesin kendaraan Anda. Pastikan untuk selalu memperhatikan kinerja mesin dan melakukan perawatan sesuai dengan panduan produksi. Dengan menjaga mesin kendaraan secara berkala, Anda dapat menjaga mesin tetap sehat dan memaksimalkan performa kendaraan. Terima kasih telah membaca artikel ini.