Skip to content
Home ยป Cara Kerja dan Fungsi Drum Shift pada Mobil

Cara Kerja dan Fungsi Drum Shift pada Mobil

Drum shift atau sering disebut juga sebagai shift drum, merupakan bagian dari sistem transmisi pada mobil yang berfungsi untuk memindahkan gigi/transmisi (transmission gear) pada gearbox mobil. Drum shift atau shift drum ini berbentuk seperti drum yang dibuat dari bahan logam dengan bagian dalamnya memiliki pin-pin kecil yang bertanggung jawab untuk menggerakkan gigi transmisi.

Pada mobil dengan transmisi manual, tentu kita seringkali melakukan pergantian gigi transmisi secara manual dengan menarik tuas persneling. Namun, pada mobil dengan transmisi otomatis, pergantian gigi transmisi dilakukan secara otomatis oleh sistem transmisi. Dan shift drum inilah yang bertanggung jawab untuk memindahkan gigi transmisi dengan jumlah yang tepat pada saat yang tepat.

Bagaimana Cara Kerja Drum Shift?

Drum shift sendiri terhubung dengan solenoid yang berfungsi sebagai katup yang mengontrol aliran fluida hidrolik pada transmisi otomatis. Saat solenoid tersebut dibuka, maka fluida hidrolik akan mengalir ke dalam shift drum dan mendorong pin kecil yang terdapat dalam shift drum untuk memindahkan gigi transmisi.

Setiap drum shift memiliki pin-pin yang berbeda-beda untuk perpindahan gigi transmisi pada gearbox mobil. Sehingga, saat mobil berjalan, maka drum shift ini akan bergerak juga secara otomatis pada waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan gigi transmisi yang diperlukan.

Fungsi Drum Shift pada Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi dari drum shift atau shift drum pada mobil adalah untuk memindahkan gigi transmisi dengan jumlah yang tepat pada saat yang tepat. Ketepatan dalam perpindahan gigi transmisi akan sangat berpengaruh pada kinerja mobil dan efisiensi bahan bakar yang digunakan.

BACA JUGA:   Menjadi Ahli Otomotif Handal: Tips & Trik

Ketika gigi transmisi berhasil dipilih dengan tepat oleh drum shift, maka mobil dapat bekerja dengan optimal dan efisien sehingga memaksimalkan performa mobil dan juga efisiensi bahan bakar. Sedangkan, jika tidak terjadi perpindahan gigi transmisi dengan tepat oleh drum shift, maka hal ini dapat berdampak pada buruknya performa mobil dan juga borosnya penggunaan bahan bakar.

Penutup

Drum shift merupakan bagian penting pada sistem transmisi mobil, dan tentunya sangat mempengaruhi efisiensi dan performa mobil sebagai keseluruhan. Dengan mengetahui cara kerja dan fungsi dari drum shift ini, tentu akan menjadi pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin memahami dan merawat mobil dengan baik.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin pada mobil Anda, termasuk juga sistem transmisi dan drum shift ini. Hal ini akan membantu memperpanjang umur mobil dan juga menjaga performa mobil agar tetap optimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sistem transmisi mobil.