Skip to content
Home ยป Cara Ganti Monoshock CB150R untuk Menambah Performa dan Kesenangan Berkendara

Cara Ganti Monoshock CB150R untuk Menambah Performa dan Kesenangan Berkendara

Jika Anda penggemar sepeda motor sport, pasti tidak asing dengan Honda CB150R. Model ini sangat populer di Indonesia karena telah terbukti memberikan performa yang cepat dan tangguh, cocok untuk pengendara yang suka dengan kecepatan. Namun, jika Anda ingin meningkatkan performa motor Anda dan meningkatkan kesenangan berkendara, memasang monoshock yang lebih baik dapat menjadi solusi yang tepat.

Monoshock adalah satu-satunya sistem suspensi belakang yang digunakan oleh Honda CB150R. Saat Anda mengendarai CB150R, monoshock harus bekerja keras menopang tubuh dan memberikan pengendalian yang tepat agar kecepatan dan akselerasi tetap terjaga. Sayangnya, monoshock bawaan pabrik mungkin tidak selalu ideal untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda merasa monoshock bawaan pabrik kurang memuaskan, menggantinya dengan monoshock yang lebih baik dapat menjadi pilihan yang sangat baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti monoshock CB150R.

Langkah 1: Persiapan

Sebelum mulai memasang monoshock baru, pastikan kamu memiliki peralatan dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

  • Monoshock baru yang sesuai dengan CB150R
  • Kunci L
  • Kunci sok
  • Beberapa blok kayu atau bata
  • Penghapus barang berbahaya untuk mengangkat motor
  • Minyak rem atau oli suspensi

Langkah 2: Membongkar Monoshock Lama

Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah membongkar monoshock lama. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan mesin dan biarkan sepeda motor dingin.
  2. Lebih baik mulai melepaskan monoshock lama dari bagian atas. Lebih mudah jika Anda memulai dengan sisi sok depan.
  3. Kunci L yang cocok dapat digunakan untuk melepaskan monoshock. Posisi kunci di bawah sok dan pasang kunci L pada batang sok tunggal.
  4. Setelah kunci dilepas dari batang sok tunggal, kunci sok perlu digunakan untuk membuka mur monoshock.
  5. Posisikan motor di atas blok kayu atau bata. Kemudian, perlahan angkat bagian belakang motor seperti dalam pemindahan motor.
  6. Dekatkan diri ke bagian atas shock dan pastikan monoshock bergerak keluar dari posisi awal. Kemudian, lepaskan monoshock dari kaitannya secara keseluruhan.
BACA JUGA:   Ukuran Laher Noken As Mio Sporty: Pentingnya Ukuran yang Tepat untuk Performa Maksimum

Langkah 3: Memasang Monoshock Baru

Setelah berhasil membongkar monoshock lama, langkah selanjutnya adalah memasang monoshock baru. Berikut adalah cara mencapainya:

  1. Matikan mesin dan biarkan sepeda motor dingin.
  2. Pasang monoshock baru ke dalam posisi tarik yang dapat diakses dari atas shock
  3. Kemudian, ikuti prosedur sebaliknya dari prosedur pembongkaran saat memasang monoshock baru.
  4. Saat memasang kembali mur yang memperkuat, posisinya tidak perlu terlalu ketat. Sebaiknya setelah motor didudukkan, muatkannya dengan berat badan Anda.
  5. Pastikan monoshock sudah terpasang dengan benar, kunci monoshock dengan baik dan perbaiki jika tidak terkunci ketat.
  6. Terakhir, periksa kondisi monoshock baru dengan memperhatikan tingkat kekerasan suspensi. Atur jika perlu dengan pengaturan khusus.

Kesimpulan

Memasang monoshock yang lebih baik dapat meningkatkan performa motor Anda dan menambah kesenangan berkendara. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengganti monoshock CB150R. Pastikan untuk mengikuti panduan ini dengan hati-hati dan memastikan bahwa Anda memiliki persiapan dan peralatan yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ingatlah bahwa ganti monoshock membuat CB150R dapat menemukan titik optimal pada sistem suspensi, yang sangat mempengaruhi kestabilan dan kenyamanan saat berkendara. Selalu berkendara dengan aman dan masuk di garasi Anda hanya jika sepenuhnya yakin semua pekerjaan boneka Anda lakukannya dengan benar.

Selamat mencoba!