Skip to content
Home » Cara Dial Noken As yang Benar untuk Performa Mesin Mobil

Cara Dial Noken As yang Benar untuk Performa Mesin Mobil

Sebagai seorang penggemar otomotif, Anda mungkin tahu betapa pentingnya peran noken as dalam performa mesin mobil. Noken as bertanggung jawab dalam mengontrol bukaan katup masuk dan buang pada mesin mobil Anda. Namun, apa yang terjadi jika noken as tidak pernah dial atau tidak diatur dengan benar? Ini bisa sangat merusak performa mesin mobil Anda.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan penjelasan tentang cara dial noken as dengan benar agar mesin mobil Anda tetap dalam kondisi optimal. Namun, sebelum kita masuk ke dalam detail, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Apa itu Noken As?

Sebelum kita membahas cara dial noken as, mari kita perjelas terlebih dahulu apa itu noken as. Noken as adalah komponen dalam mesin mobil yang dikendalikan oleh camshaft dan digunakan untuk mengontrol bukaan katup masuk dan buang. Ketika camshaft berputar, ia menggerakkan noken as, yang pada gilirannya membuka dan menutup katup secara sesuai.

Kenapa Noken As Perlu Dikalibrasi?

Noken as yang tidak diatur dengan benar dapat menyebabkan banyak masalah pada mesin mobil Anda. Beberapa masalah ini termasuk:

  • Pengurangan tenaga mesin
  • Konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi
  • Mesin mobil lebih sulit untuk dihidupkan
  • Kinerja mesin mobil yang buruk

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga noken as agar tetap dalam kondisi optimal.

Cara Dial Noken As

Berikut ini adalah cara untuk dial noken as dengan benar:

1. Matikan Mesin Mobil Anda

Pastikan mesin mobil Anda benar-benar mati sebelum Anda melakukan proses dialing. Hal ini penting agar proses dialing aman dan efektif.

2. Gunakan Alat yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan alat yang tepat untuk dial noken as. Alat ini disebut alat dial indicator. Alat ini memberikan pembacaan akurat pada noken as, sehingga Anda dapat menyelesaikan proses dialing dengan benar.

BACA JUGA:   Top Speed Vario 150: Kecepatan Tinggi yang Menakjubkan

3. Jangan Lupakan Posisi Noken As

Sebelum Anda mulai mengatur noken as, pastikan Anda mengetahui posisinya yang tepat. Ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan ketika dialing. Posisi noken as terletak pada arah yang berlawanan dengan jarum jam.

4. Gunakan Roko untuk Menggulung Mesin

Gunakan roko atau alat yang sama untuk menggulung mesin Anda. Hal ini memungkinkan noken as berputar dan Anda dapat mengambil pembacaan dari alat dial indicator.

5. Hitung Torsi untuk Setiap Katup

Dalam proses dialing, Anda harus menghitung torsi yang dihasilkan pada setiap katup. Hal ini akan memberikan petunjuk pada sudut noken as.

6. Atur Sudut Noken As

Dengan bantuan sudut yang Anda hitung dengan mengikuti langkah di atas, Anda dapat menentukan sudut noken as yang benar. Pastikan sudut noken as berada pada posisi yang ditetapkan oleh pabrik mobil Anda seperti dalam buku petunjuk pengguna.

7. Periksa Ulang Noken As

Setelah dial noken as selesai, sangat penting untuk memeriksa ulang noken as untuk memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana. Beri waktu yang cukup untuk merasakan perbedaan performa mobil Anda akibat adanya perubahan pada noken as.

Kesimpulan

Mengatur noken as pada mesin mobil Anda adalah kunci untuk menjaga performa mesin mobil Anda tetap optimal. Namun, cara dialing noken as perlu dilakukan dengan benar dan tepat agar tidak merusak mesin mobil Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa noken as diatur dengan benar dan menyediakan performa mesin mobil yang optimal dan tahan lama. Jangan lupa untuk memeriksa buku petunjuk pengguna mobil Anda jika Anda memiliki keraguan atau bertanya pada mekanik mobil terpercaya.

BACA JUGA:   Kode Mil Yamaha Mio M3: Semua yang Perlu Anda Ketahui