Skip to content
Home ยป Cara Bore Up RX 100

Cara Bore Up RX 100

Pendahuluan

RX 100, motor klasik yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Tetapi, popularitas RX 100 tidak pernah pudar, bahkan masih ada banyak penggemarnya saat ini. Tidak heran apabila banyak biker yang ingin meningkatkan performa RX 100 dengan metode bore up.

Apa itu Bore Up?

Bore up adalah metode merubah kapasitas mesin motor dengan menambah ukuran diameter silinder. Melalui bore up, volume ruang bakar bisa bertambah sehingga meningkatkan performa mesin.

Persiapkan Bahan

Sebelum bore up, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan, diantaranya:

  • Piston racing
  • Block mesin racing
  • Karburator yang lebih besar
  • Knalpot racing
  • Set bore up kit
  • Gasket

Proses Bore Up

  1. Lepaskan seluruh komponen mesin yang terdapat pada RX 100. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pemasangan komponen yang baru.
  2. Pasang block mesin racing dengan ukuran lebih besar dan piston racing di dalamnya. Pastikan pasangan tersebut pas dan rapat dengan menggunakan gasket.
  3. Pasang karburator racing untuk menambah pasokan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin.
  4. Terakhir, pasang knalpot racing untuk membuang gas sisa hasil pembakaran dengan lebih optimal.

Uji Coba dan Perawatan

Jangan lupa untuk melakukan uji coba setelah proses bore up. Perhatikan performa mesin dan pastikan tidak ada kebocoran di bagian mesin. Selain itu, jangan lupa melakukan perawatan rutin pada mesin seperti penggantian oli dan filter udara.

Kesimpulan

Bore up bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan performa mesin RX 100. Namun, proses bore up harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan juga untuk mendapatkan bahan berkualitas tinggi dan melakukan perawatan secara rutin.

BACA JUGA:   Ukuran Gear Standar Megapro untuk Kinerja Terbaik