Skip to content
Home ยป Cara Agar Stater Beat Tidak Berisik

Cara Agar Stater Beat Tidak Berisik

Anda pengguna sepeda motor Honda Beat? Salah satu yang mungkin sering menjadi masalah yang sering terjadi adalah bunyi berisik pada saat menyalakan mesin. Pada artikel ini, saya akan memberikan tips cara agar stater beat tidak berisik.

Mengapa stater beat berisik?

Sebelum membahas cara mengatasi stater beat yang berisik, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu faktor apa yang menyebabkan stater menjadi berisik. Bunyi berisik pada stater beat tersebut biasanya terjadi karena gerigi pada starter sudah aus atau hub begalnya sudah berkarat akibat penggunaan yang terlalu lama.

Cara mengatasi stater beat yang berisik

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah bunyi berisik yang terdengar pada saat menyalakan mesin beat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan secara sederhana.

1. Membersihkan terminal aki

Pada sepeda motor, terminal aki menjadi penghubung antara aki dengan tatakan penghubung listrik. Salah satu penyebab starter berisik pada beat adalah karena terminal aki yang kotor. Oleh karena itu, bersihkanlah terminal aki pada sepeda motor anda menggunakan amplas atau pembersih yang dijual di toko spare parts.

2. Mengganti gigi starter

Jika stater sudah terlalu lama digunakan, maka ia akan menjadi aus dan gigi pada starter akan mengalami keausan. Akibatnya, mesin tidak akan menyalakan dan suara starter menjadi berisik. Oleh sebab itu, menggantilah gigi starter yang sudah aus dengan gigi starter yang baru dan berkualitas tinggi.

3. Mengganti hub begal

Hub begal yang sudah terlalu lama digunakan dan terkena air hujan atau berkarat, akan membuat suara starter pada beat menjadi berisik. Oleh karena itu, agar bunyi berisik saat menyalakan mesin dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan, gantilah hub begal pada sepeda motor anda secara teratur, terutama jika anda sering melewati jalanan basah.

BACA JUGA:   Cara Menemukan Letak Nomor Mesin Mio Soul

4. Memeriksa kelistrikan sepeda motor

Mesin menjadi berisik karena masalah listrik pada sepeda motor anda juga sering menjadi penyebabnya. Oleh sebab itu periksalah kelistrikan seleda motor anda secara teratur, terutama kabel-kabel yang terhubung dengan stater.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara agar stater beat tidak berisik pada saat menyalakan mesin. Sebagai pengguna sepeda motor, penting untuk melakukan perawatan yang tepat agar sepeda motor anda terhindar dari masalah dan dapat digunakan dengan nyaman dan aman. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan mesin sepeda motor anda secara rutin dan berkala. Semoga artikel ini bermanfaat for anda.