Skip to content
Home » Bongkar Mesin Honda Win

Bongkar Mesin Honda Win

Jika Anda ingin melakukan perbaikan mesin motor Honda Win, maka Anda perlu mengetahui cara membongkar mesin motor tersebut. Mesin Honda Win merupakan model mesin yang cukup handal pada era 90-an. Namun, setelah beberapa tahun digunakan, mungkin saja mesin motor tersebut butuh perbaikan atau bahkan penggantian komponen. Sebelum melakukan perbaikan, Anda perlu membongkar mesin untuk mengetahui masalah utama mesin Honda Win dan memperbaikinya.

Persiapan Sebelum Membongkar Mesin

Sebelum membongkar mesin motor Honda Win, pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan beberapa alat. Beberapa alat yang diperlukan adalah obeng, kunci Allen, kunci pas, tang, dan sekrup. Pastikan juga bahwa Anda telah memperoleh buku servis Honda Win, serta mengamati diagram mesin motor tersebut sebelum memulai pekerjaan.

Cara Membongkar Mesin

  1. Langkah pertama adalah membongkar bagian atas mesin. Matikan mesin dan lepas busi untuk memastikan bahwa mesin benar-benar tidak menyala. Kemudian, lepaskan penutup atas mesin dan lepaskan karburator dari mesin.
  2. Setelah penutup atas mesin dilepas, Anda akan melihat bagian kepala silinder mesin. Lepaskan pipa knalpot dari kepala silinder dan lepaskan juga tutup klep.
  3. Setelah tutup klep dilepas, lepaskan pengikat kepala silinder dari silinder. Angkat kepala silinder dari mesin dan lepaskan juga seal klep beserta katupnya.
  4. Jika Anda ingin melepaskan bagian bawah mesin, lepaskan dulu kopling dan transmisi dari mesin. Lepaskan juga tutup pelindung dari mesin dan buka juga tutup pengisi oli di sisi kanan mesin.
  5. Kemudian, lepaskan penyangga mesin dan siapkan sangkar atau boks sebagai tempat meletakkan mesin yang telah dilepas.
  6. Lepaskan semua baut pada sisi kiri mesin dan angkat mesin dari kopling. Kemudian angkat mesin dari kopling dan transmisi. Pastikan untuk mengamati posisi baut dan kancing, sehingga Anda dapat memasangnya kembali dengan benar setelah selesai melakukan perbaikan atau penggantian komponen.
BACA JUGA:   "Top Speed Verza" - Rahasia Kecepatan Motor Honda Verza yang Perlu Kamu Ketahui

Kesimpulan

Membongkar mesin motor Honda Win tidak sesulit yang Anda bayangkan. Pastikan bahwa Anda mempersiapkan alat dan buku servis sebelum memulai perbaikan, dan ikuti langkah-langkah di atas dengan hati-hati. Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, maka Anda dapat membongkar mesin motor Honda Win dengan mudah dan mengenali masalah utama mesin tersebut yang membutuhkan perbaikan atau bahkan penggantian komponen.