Skip to content
Home » Bentuk Porting Satria 2 Tak

Bentuk Porting Satria 2 Tak

Jika Anda seorang tukang setir atau penggemar sejati, pasti Anda tahu bahwa sepeda motor Suzuki Satria 2 tak telah menjadi salah satu sepeda motor terlaris di Indonesia. Bagi pecinta sepeda motor, penggunaan teknologi porting pada sepeda motor menjadi hal yang sangat penting karena membantu meningkatkan performa mesin.

Porting merupakan salah satu cara untuk memodifikasi mesin sepeda motor agar diperoleh kinerja mesin yang optimal. Porting pada mesin sepeda motor berguna untuk meningkatkan jumlah udara, bahan bakar dan gas buang yang dapat masuk dan keluar mesin dengan lebih efisien. Dalam kata lain, porting membuat mesin lebih “bernafas” dan meningkatkan kemampuan mesin untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih baik.

Dalam artikel ini, kami akan membahas bentuk porting satria 2 tak, agar Anda dapat melakukan modifikasi mesin sepeda motor dengan lebih baik.

Porting Inlet

Porting inlet adalah proses memperbesar area masuk udara dan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran mesin. Porting inlet bertujuan untuk meningkatan efisiensi penggunaan ruang pembakaran mesin. Ketika area masuk udara lebih besar, maka mesin dapat menghasilkan power yang lebih besar.

Untuk melakukan porting inlet pada mesin sepeda motor Suzuki Satria 2 tak, pertama-tama Anda harus membongkar mesin dari rangkanya. Kemudian, dengan menggunakan dremel atau bor tangan, Anda dapat mengeluarkan material aluminium mesin pada area porting inlet yang sudah ditandai sebelumnya.

Porting Exhaust

Porting exhaust adalah proses memodifikasi area keluar gas buang dari mesin sehingga menghasilkan lubang dengan ukuran yang lebih besar. Porting exhaust bertujuan agar gas buang keluar dari mesin dengan lebih lancar sehingga mesin dapat bekerja dengan lebih optimal.

Cara melakukan porting Exhaust pada Satria 2 tak hampir sama dengan porting inlet. Anda perlu melakukan pembersihan exhaust lama dan memperbesar lubang dengan menggunakan jenis alat yang sama dengan pada porting inlet.

BACA JUGA:   Meningkatkan Performa Kendaraan Anda dengan Kode 42 Mio J

Camshaft

Bagian yang sangat penting dari mesin sepeda motor Satria 2 tak adalah camshaft. Camshaft mengatur waktu buka dan tutup katup pada mesin sehingga penggunaan bahan bakar dan udara lebih efisien. Camshaft memberikan pengaruh besar pada performa mesin sehingga memodifikasi camshaft akan meningkatkan performa mesin secara signifikan.

Selain melakukan porting inlet dan exhaust, modifikasi camshaft adalah salah satu cara meningkatkan performa mesin sepeda motor Satria 2 tak. Meskipun memerlukan modal yang lebih besar, modifikasi camshaft dapat memberikan hasil yang sangat signifikan dalam meningkatkan kinerja mesin.

Kesimpulan

Itulah cara melakukan bentuk porting satria 2 tak. Porting inlet, porting exhaust, dan modifikasi camshaft merupakan beberapa bentuk porting yang dapat meningkatkan performa mesin sepeda motor Suzuki Satria 2 tak. Dalam melakukan modifikasi, pastikan untuk mengikuti standar prosedur yang benar agar tidak merusak mesin. Selamat mencoba!