Skip to content
Home » Batas Desibel Knalpot Motor

Batas Desibel Knalpot Motor

Jika Anda seorang penggemar otomotif, pastinya tahu bahwa knalpot merupakan salah satu bagian penting di dalam sebuah kendaraan bermotor. Namun, terkadang knalpot bisa menghasilkan suara yang sangat bising dan mengganggu. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menetapkan batas desibel knalpot motor yang harus dipatuhi oleh semua pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.

Apa itu Desibel?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang batas desibel knalpot motor, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu desibel. Desibel atau dB adalah satuan ukuran untuk mengukur intensitas suara. Dalam hal ini, semakin besar angka dB, maka semakin keras juga suara yang dihasilkan.

Batas Desibel Knalpot Motor

Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pengendalian Pencemaran Suara, batas desibel knalpot motor yang diizinkan di Indonesia adalah 80 dB. Hal ini bertujuan untuk menjaga lingkungan dan kenyamanan orang lain di sekitar.

Namun, beberapa daerah juga telah menetapkan batas desibel yang lebih ketat. Misalnya, di Jakarta, batas desibel knalpot motor yang diizinkan adalah 70 dB. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mematuhi seluruh aturan yang berlaku di daerah kita masing-masing.

Mengapa Penting Mempatuhi Batas Desibel?

Menggunakan knalpot yang melebihi batas desibel yang diizinkan dapat mengganggu lingkungan sekitar kita. Selain itu, knalpot yang terlalu bising juga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan pendengaran, insomnia, dan stres.

Selain itu, penggunaan knalpot yang melebihi batas desibel yang diizinkan juga dapat membuat pengendara terkena denda. Jadi, agar terhindar dari penalti yang cukup besar, maka pastikan knalpot kendaraan Anda memenuhi batas desibel yang diizinkan.

Cara Memastikan Knalpot Memenuhi Batas Desibel

Untuk memastikan knalpot kendaraan Anda memenuhi batas desibel yang diizinkan, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, Anda dapat mengukur sendiri intensitas suara knalpot menggunakan alat ukur dB. Kedua, Anda juga dapat membawa kendaraan Anda ke tempat servis resmi untuk mendapatkan pengecekan intensitas suara knalpot.

BACA JUGA:   Modifikasi RX King Shock Byson

Kesimpulan

Mempatuhi batas desibel knalpot motor sangatlah penting untuk menjaga lingkungan sekitar kita dan kenyamanan orang lain. Selain itu, penggunaan knalpot yang melebihi batas desibel yang diizinkan juga dapat menimbulkan masalah kesehatan dan membuat pengendara terkena denda.

Jadi, pastikan knalpot kendaraan Anda memenuhi batas desibel yang diizinkan oleh pemerintah dan daerah masing-masing. Berikan penghormatan kepada orang lain dengan memperhatikan desibel knalpot kendaraan Anda.