Skip to content
Home » As Roda Belakang Jupiter Z – Kenali Semua Bagian dan Fungsinya

As Roda Belakang Jupiter Z – Kenali Semua Bagian dan Fungsinya

Jupiter Z adalah motor besutan Yamaha yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu komponen yang sangat penting dari motor ini adalah as roda belakang.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara mendalam mengenai as roda belakang Jupiter Z, termasuk fungsinya dan bagian-bagiannya yang perlu diketahui oleh para pengguna motor tersebut.

Fungsi As Roda Belakang Jupiter Z

As roda belakang merupakan bagian terpenting untuk menggerakkan roda belakang pada motor Jupiter Z. Dengan as yang baik dan kuat, maka roda belakang akan bekerja dengan baik dan dapat menopang berat badan motor beserta pengendaranya. Dalam hal ini, as roda belakang bekerja sama dengan sistem transmisi pada roda belakang untuk menggerakkan motor.

Komponen As Roda Belakang Jupiter Z

Beberapa bagian yang terdapat pada as roda belakang Jupiter Z meliputi:

1. Poros Roda Belakang

Poros roda belakang adalah komponen yang paling penting dari as roda belakang. Fungsinya adalah menghubungkan roda depan dengan roda belakang yang bertanggung jawab untuk menggerakan motor. Poros roda belakang memiliki banyak bagian-bagian seperti coupler, pinion gear, shaft, bearing, dll.

2. Gear Belakang

Gear belakang adalah bagian yang bertanggung jawab untuk mengubah putaran mesin menjadi putaran roda belakang. Gear belakang memiliki beberapa sub-bagian seperti pinion gear, bevel gear, coupler, dll.

3. Bearing

Bearing adalah komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara as roda belakang dan poros roda belakang. Bearing berperan penting dalam menjaga kerja roda belakang agar tetap stabil dan mengurangi kebisingan pada saat motor bergerak.

BACA JUGA:   Menjadi Ahli Otomotif: Mengenal Lebih Dalam Mobil

4. Lain-lain

Selain beberapa komponen di atas, as roda belakang Jupiter Z juga memiliki beberapa bagian kecil lainnya seperti seal, clip, spacer, dan beberapa komponen lainnya yang berfungsi untuk menjaga stabilitas kerja roda belakang.

Merawat As Roda Belakang Jupiter Z

Untuk menjaga kinerja as roda belakang, perlu dilakukan beberapa tips merawat agar tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa cara merawat as roda belakang Jupiter Z:

  • Bersihkan as roda belakang secara rutin dengan mengganti oli dan membersihkan bagian-bagian yang kotor.
  • Gunakan oli dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi motor agar mesin dan roda belakang bekerja dengan baik.
  • Periksa setiap komponen pada as roda belakang secara berkala agar dapat diperbaiki jika ada masalah yang timbul.

Kesimpulan

As roda belakang Jupiter Z merupakan bagian yang sangat penting untuk menggerakkan roda belakang pada motor tersebut. As roda belakang memiliki beberapa komponen yang perlu diperiksa secara rutin agar roda belakang dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pengguna motor Jupiter Z perlu mengerti fungsinya serta merawatnya dengan baik agar kinerja motor tetap terjaga dan dapat digunakan dalam kondisi yang optimal.