Skip to content
Home ยป Arti dari Porting

Arti dari Porting

Jika Anda seorang penggemar otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah porting. Namun, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui arti dari porting itu sendiri.

Porting sebenarnya merupakan suatu teknik modifikasi pada mesin mobil yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan performa mesin. Teknik ini dilakukan dengan cara menghaluskan dan memodifikasi bagian dalam saluran masuk dan keluar ruang bakar mesin.

Teknik porting sendiri bisa dilakukan pada semua jenis mesin, baik mesin diesel maupun bensin. Namun, pada umumnya, modifikasi ini sering dilakukan pada mesin bensin yang digunakan untuk balap mobil atau performa tinggi.

Bagaimana Teknik Porting Bekerja?

Saat proses pembakaran bahan bakar di mesin terjadi, maka terdapat pergerakan udara yang masuk ke dalam ruang bakar melalui saluran masuk udara dan bahan bakar. Setelah itu udara bercampur dengan bahan bakar dan terbakar, selanjutnya keluar melalui saluran knalpot.

Teknik porting bertujuan untuk memperlebar dan menghaluskan saluran masuk dan keluar untuk memperbaiki aliran udara dan performa mesin. Saluran masuk yang lebih lebar dan halus memungkinkan udara masuk dengan lebih banyak dan efisien, sehingga meningkatkan daya dorong mesin. Begitu juga dengan saluran knalpot yang lebih lebar dan halus, memungkinkan gas buang keluar dengan lebih efektif.

Pada mesin balap, teknik porting sangat penting. Karena dengan porting, performa mesin dapat meningkat secara signifikan. Teknik ini memungkinkan mesin untuk menghasilkan daya dan torsi yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih tinggi.

Jenis Porting

Terdapat beberapa jenis porting yang dapat dilakukan pada mesin mobil. Berikut adalah beberapa jenis porting yang umum dilakukan:

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Motor Brebet

Basic Porting

Basic porting merupakan jenis porting yang paling dasar dan mudah untuk dilakukan. Teknik ini dilakukan dengan menghaluskan dan memperlebar saluran masuk dan keluar dengan bantuan alat-alat khusus.

Bowl Porting

Bowl porting merupakan jenis porting yang memfokuskan pada daerah pembakaran. Teknik ini dilakukan dengan menghaluskan bowl pada kepala silinder untuk meningkatkan kelancaran aliran udara ke ruang bakar.

Combustion Chamber Porting

Combustion chamber porting merupakan jenis porting yang difokuskan pada bagian ruang bakar. Teknik ini dilakukan dengan menghaluskan dan memodifikasi ruang bakar agar penggunaan bahan bakar lebih efisien dan daya dorong mesin semakin meningkat.

Multi-Angle Valve Job

Teknik ini dilakukan dengan memodifikasi sudut katup yang digunakan pada saluran masuk dan keluar. Hasilnya, aliran udara dan keluar gas buang semakin lancar dan efisien.

Kesimpulan

Porting adalah teknik modifikasi mesin mobil yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan performa mesin. Teknik ini dilakukan dengan menghaluskan dan memodifikasi bagian dalam saluran masuk dan keluar ruang bakar mesin. Terdapat beberapa jenis porting yang dapat dilakukan pada mesin mobil, baik itu basic porting, bowl porting, combustion chamber porting, dan multi-angle valve job. Dalam mesin balap, porting sangat penting untuk meningkatkan performa mesin secara signifikan.