Skip to content
Home » Apakah Satria Fu Bisa Di Oversize?

Apakah Satria Fu Bisa Di Oversize?

Anda pecinta motor pasti tidak asing dengan Suzuki Satria Fu. Motor yang sudah diperbaharui sejak tahun 2016 ini sangat digemari karena memiliki mesin yang bertenaga dan desain yang sporty. Namun, mungkin ada di antara Anda yang penasaran apakah Satria Fu bisa di oversized. Di artikel kali ini, saya akan membahas mengenai hal tersebut dengan detail.

Apa Itu Oversize?

Sebelum membahas apakah Satria Fu bisa di oversized, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan oversize. Oversize adalah proses penggantian komponen mesin seperti piston, ring piston atau cylinder head dengan ukuran yang lebih besar dari standar pabrik. Tujuan dari oversize ini adalah untuk meningkatkan performa mesin dan tenaga motor.

Apakah Satria Fu Bisa Di Oversize?

Jawaban singkatnya, bisa. Namun, perlu diingat bahwa oversize memang bisa meningkatkan performa mesin namun juga memiliki risiko kerusakan yang lebih besar. Jika proses oversized tidak dilakukan dengan benar, mesin motor dapat rusak bahkan mesin yang baru saja diperbaiki. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan ahli mesin atau teknisi motor terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan oversize pada Satria Fu.

Batasan Oversize Pada Satria Fu

Perlu diketahui bahwa Satria Fu memiliki mesin 4-tak 1 silinder DOHC 4 valve yang memiliki kapasitas 147,3 cc. Batasan oversize yang direkomendasikan untuk Satria Fu adalah maksimal 200cc. Dalam hal ini, Anda bisa memilih piston dengan ukuran 56 atau 58mm. Ukuran piston ini bisa membantu meningkatkan tenaga mesin Satria Fu.

Namun, sebelum melakukan oversize, pastikan bahwa mesin dalam kondisi baik dan layak untuk dilakukan oversize. Karena apabila mesin tidak dalam kondisi yang baik, maka proses oversize dapat memperburuk kondisi mesin.

BACA JUGA:   Vakum Karbu Jupiter Z: Pentingnya Perawatan dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Manfaat Oversize Pada Satria Fu

Jika dilakukan dengan benar dan pada batasan yang tepat, oversize Satria Fu bisa memberikan manfaat bagi performa mesin. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Tenaga Mesin

Proses oversize bisa memberikan peningkatan tenaga mesin sehingga motor bisa lebih bertenaga.

2. Meningkatkan Akselerasi

Oversize juga bisa meningkatkan akselerasi motor sehingga motor bisa lebih responsif saat dijalankan.

3. Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar

Oversize juga bisa membantu mengurangi konsumsi bahan bakar karena mesin bisa lebih efisien dalam membakar bahan bakar.

Kesimpulan

Satria Fu bisa di oversized, namun perlu diperhatikan batasan maksimal oversize yang direkomendasikan untuk motor ini. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli mesin atau teknisi motor terlebih dahulu sebelum melakukan oversize pada motor Anda. Oversize bisa meningkatkan performa mesin, namun juga memiliki risiko kerusakan yang lebih besar jika tidak dilakukan dengan benar.