Skip to content
Home ยป Apakah Fungsi Rotak pada Mobil?

Apakah Fungsi Rotak pada Mobil?

Rotak atau biasa dikenal sebagai "roda gigi kemudi" merupakan salah satu komponen vital dalam sistem kemudi mobil. Fungsi utamanya adalah menghubungkan roda kemudi dengan gearbox dan roda gigi differential. Tanpa rotak, mobil tidak bisa dikemudikan dengan baik dan aman.

Pengertian Rotak

Rotak terdiri dari beberapa bagian utama, termasuk gigi kemudi, poros kemudi, dan engsel pivot. Gigi kemudi terhubung dengan gearbox dan poros kemudi, sedangkan poros kemudi terhubung dengan roda kemudi. Engsel pivot, di sisi lain, memungkinkan pergerakan vertikal dan horizontal pada bagian bawah roda kemudi.

Fungsi Rotak

Fungsi utama rotak adalah menghubungkan roda kemudi dengan gearbox dan roda gigi differential. Ketika pengemudi memutar roda kemudi, rotak akan membawa gerakan ini ke gearbox. Dari gearbox, gerakan akan diubah menjadi gerakan lateral yang dialirkan ke roda gigi differential. Rotak juga memungkinkan pengemudi untuk mengontrol sudut kemiringan roda kemudi secara vertikal dan horizontal.

Selain itu, rotak juga bertanggung jawab untuk mengatasi kejutan yang terjadi pada jalan raya. Ketika mobil melewati jalan yang tidak rata atau berlubang, rotak akan menyerap kejutannya dan mengubahnya menjadi gerakan yang lebih halus pada roda kemudi.

Jenis Rotak

Ada beberapa jenis rotak yang digunakan pada mobil, termasuk rotak rack dan pinion, rotak recirculating ball, dan rotak worm and sector. Setiap jenis rotak memiliki cara kerja yang berbeda-beda, dan penggunaannya tergantung pada jenis mobil dan kebutuhan pengguna.

Rotak rack dan pinion adalah jenis rotak yang paling umum digunakan pada mobil modern. Pada jenis rotak ini, gigi kemudi ditempatkan pada sumbu poros kemudi dan bekerja dengan hubungan gigi yang terletak pada rak. Kemudian, pergerakan gigi kemudi akan memutar poros kemudi dan menggerakkan roda kemudi.

BACA JUGA:   Penyebab Gas Motor Naik Sendiri Saat Mesin Panas

Rotak recirculating ball, di sisi lain, menggunakan bola kecil untuk menghubungkan gigi kemudi dengan rack. Ketika pengemudi memutar roda kemudi, bola akan bergeser di sekitar dalam mekanisme yang disebut dengan nut recirculating.

Rotak worm and sector adalah jenis rotak yang lebih simpel dan murah. Pada jenis rotak ini, gigi kemudi terhubung dengan gigi sektor pada satu sisi dan ditenagai oleh gigi cacing pada sisi lain. Walaupun tidak sekuat rotak rack dan pinion, jenis rotak ini tetap banyak digunakan pada mobil murah dan truk ringan.

Kesimpulan

Rotak adalah salah satu komponen vital dalam sistem kemudi mobil yang berfungsi untuk menghubungkan roda kemudi dengan gearbox dan roda gigi differential. Tanpa rotak, mobil tidak bisa dikemudikan dengan baik dan aman. Ada beberapa jenis rotak yang tersedia pada mobil, dan pemilihan tergantung pada jenis mobil dan kebutuhan pengguna. Dengan mengetahui fungsi rotak, kita sebagai pengguna mobil dapat memperhatikan kondisi rotak pada mobil kita dan melakukan perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan saat berkendara.