Skip to content
Home » Apa Itu Skir Klep? Mengenal Jenis Sistem yang Penting Bagi Mesin Mobil

Apa Itu Skir Klep? Mengenal Jenis Sistem yang Penting Bagi Mesin Mobil

Anda yang memiliki mobil mungkin pernah mendengar istilah "skir klep". Namun, apakah Anda tahu apa itu skir klep? Skir klep adalah salah satu sistem penting pada mesin mobil yang berfungsi untuk mengendalikan aliran udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran, serta membantu mempertahankan tekanan dalam silinder.

Pengertian Skir Klep

Skir klep, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan valve train, terdiri dari beberapa komponen. Komponen tersebut antara lain nok, pengikat klep, pegas klep, klep, dan rumah klep atau pocket klep.

Nok pada skir klep berfungsi sebagai penggerak klep. Sedangkan, pengikat klep berfungsi sebagai tempat klep dipasangkan pada poros nok. Pegas klep berfungsi untuk menutup kembali klep setelah terbuka saat proses pembakaran berlangsung.

Klep sendiri berfungsi sebagai pintu penghubung yang mengatur aliran udara dan bahan bakar menuju ruang pembakaran, serta membantu mengekspresikan gas hasil pembakaran ke luar mesin. Rumah atau pocket klep berfungsi sebagai penjepit klep ketika klep dalam posisi tertutup.

Jenis-jenis Skir Klep

  1. Skir Klep SOHC (Single Overhead Camshaft)

Skir klep jenis ini hanya menggunakan satu poros nok yang terletak di bagian atas mesin. Nok tunggal ini menggerakkan klep di setiap silinder alih-alih memerlukan dua nok terpisah dan balancer. Selain lebih ringkas, jenis skir klep ini juga lebih mudah dirawat.

  1. Skir Klep DOHC (Double Overhead Camshaft)

Sama seperti SOHC, DOHC juga menggunakan poros nok yang terletak di bagian atas mesin. Namun, yang membedakan adalah DOHC menggunakan dua poros nok, satu untuk menggerakkan klep pada intake dan satu lagi untuk menggerakkan klep pada exhaust.

  1. Skir Klep VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control)
BACA JUGA:   9 Kendaraan Terbaik yang Cocok untuk Keluarga

Skir klep VTEC dirancang untuk memberikan kinerja mesin yang lebih baik pada kecepatan rendah. Skir klep ini memiliki dua profil nok yang berbeda, satu untuk kecepatan rendah dan satu lagi untuk kecepatan tinggi. Saat mesin berada pada RPM rendah, VTEC menggunakan profil nok rendah untuk menggerakkan klep, yang akan mempertahankan tekanan pada mesin dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Pentingnya Skir Klep pada Mesin Mobil

Fungsi skir klep sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Ketika komponen pada skir klep mengalami kerusakan, mesin mobil dapat mengalami masalah seperti kehilangan tenaga, kerusakan pada piston, atau kerusakan pada kepala silinder mesin.

Oleh karena itu, menjaga skir klep tetap dalam kondisi yang baik sangat penting. Pastikan untuk melakukan perawatan rutin mesin mobil Anda, termasuk pemeriksaan dan pergantian komponen skir klep ketika diperlukan.

Kesimpulan

Skir klep adalah salah satu sistem pada mesin mobil yang bertanggung jawab untuk mengendalikan aliran udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran, serta membantu mempertahankan tekanan dalam silinder. Jenis-jenis skir klep diantaranya SOHC, DOHC dan VTEC, dengan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Menjaga skir klep tetap dalam kondisi yang baik sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil tetap optimal. Jadi, pastikan Anda selalu melakukan perawatan rutin mesin mobil Anda, termasuk memeriksa dan mengganti komponen skir klep ketika diperlukan.