Skip to content
Home ยป Apa Itu Noken As?

Apa Itu Noken As?

Noken as adalah sebuah komponen mesin yang sangat penting dalam kendaraan. Komponen ini berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas pada mesin kendaraan. Tidak hanya itu, noken as juga berperan dalam mengatur timing pengapian mesin sehingga dapat berjalan dengan sempurna.

Fungsi Noken As

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, noken as memiliki banyak fungsi dalam kendaraan. Fungsi utamanya adalah membuka dan menutup saluran gas mesin sehingga terjadi pembakaran bahan bakar yang tepat. Selain itu, noken as juga berperan dalam mengatur timing pengapian mesin. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar mesin bisa berjalan dengan efisien dan tepat waktu.

Jenis-Jenis Noken As

Noken as tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk. Beberapa jenis noken as yang umum digunakan pada kendaraan adalah:

Noken As Standar

Jenis noken as ini biasanya dipakai pada kendaraan dengan performa standar. Meskipun tidak memiliki kemampuan yang sangat tinggi, noken as ini cukup efisien dan dapat diandalkan dalam kondisi normal.

Noken As Racing

Noken as racing biasanya dipilih oleh orang-orang yang ingin meningkatkan performa kendaraan mereka. Dengan noken as ini, kendaraan akan memiliki kemampuan lebih besar dalam hal akselerasi dan top speed.

Noken As Roller

Noken as roller biasanya digunakan pada kendaraan dengan mesin yang lebih besar. Jenis noken as ini dapat meningkatkan performa kendaraan pada RPM yang lebih tinggi.

Cara Kerja Noken As

Cara kerja noken as cukup sederhana. Ketika piston berada pada posisi yang tepat, noken as akan membuka saluran gas sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat masuk ke dalam ruang pembakaran. Setelah itu, noken as akan menutup saluran gas dan membuka saluran keluar untuk membuang gas buang.

BACA JUGA:   Oli GL Pro - Pelumas Terbaik bagi Kendaraan Anda

Selain itu, noken as juga berfungsi untuk mengatur timing pengapian mesin. Timing yang tepat sangat penting untuk menjaga agar mesin dapat bekerja dengan efisien dan tepat waktu.

Kesimpulan

Noken as adalah salah satu komponen mesin yang sangat penting dalam kendaraan. Fungsi utamanya adalah membuka dan menutup saluran gas pada mesin serta mengatur timing pengapian mesin. Jenis-jenis noken as yang umum digunakan pada kendaraan adalah noken as standar, noken as racing, dan noken as roller. Dengan memahami cara kerja noken as, pengguna kendaraan dapat menjaga mesin kendaraan mereka agar dapat berjalan dengan sempurna.