Skip to content
Home » Apa Itu Limiter Motor?

Apa Itu Limiter Motor?

Limiter motor, apa itu sebenarnya? Bagi para penyuka otomotif pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Limiter motor atau sering juga disebut rev limiter adalah komponen elektronik yang terdapat pada mesin motor sepeda.

Fungsi Limiter Motor

Limiter motor berfungsi untuk membatasi kecepatan putaran mesin pada tingkat tertentu. Komponen ini sangat penting agar mesin tidak terlalu dipaksa dan kerusakan pada mesin dapat dihindari. Saat mesin sudah mencapai batas kecepatan putarannya, otomatis limiter motor akan membatasi jangkauan putaran mesin.

Cara Kerja Limiter Motor

Cara kerja limiter motor sangat sederhana, yaitu dengan memotong sinyal pengapian pada mesin. Ketika putaran mesin sudah mencapai batas kecepatan, limiter motor akan memulai pemotongan sinyal pengapian sehingga putaran mesin akan terhenti pada batas kecepatan tertentu.

Jenis Limiter Motor

Ada dua jenis limiter motor yang biasa digunakan pada motor sepeda, yaitu hard limiter dan soft limiter. Hard limiter berfungsi untuk membatasi putaran mesin secara tiba-tiba pada batas tertentu. Sedangkan soft limiter berfungsi untuk membatasi putaran mesin secara bertahap.

Pemasangan Limiter Motor

Pemasangan limiter motor dapat dilakukan dengan mudah pada mesin motor sepeda. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan mekanik profesional mengenai jenis dan cara pemasangan limiter motor yang tepat untuk motor sepeda Anda.

Kesimpulan

Limiter motor adalah komponen elektronik yang sangat penting untuk menjaga keamanan mesin motor sepeda. Dengan membatasi kecepatan putaran mesin, limiter motor dapat mencegah kerusakan pada mesin dan menghindari risiko kecelakaan yang dapat terjadi akibat kecepatan yang terlalu tinggi. Bagi Anda yang masih belum memasang limiter motor pada motor sepeda Anda, sebaiknya dipasang segera untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara Anda.

BACA JUGA:   Ukuran Panjang Kabel Rem Belakang Matic: Panduan Lengkap dari Ahli Otomotif