Skip to content
Home ยป Anti Two Block Crane: Mencegah Bahaya dan Meningkatkan Produktivitas

Anti Two Block Crane: Mencegah Bahaya dan Meningkatkan Produktivitas

Apakah Anda bekerja di industri konstruksi atau otomotif? Jika ya, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "two block" yang sering muncul dalam penggunaan crane. Two block adalah kondisi ketika hook (gancu) dan block (katrol) pada crane berada dalam posisi mendekati atau menyentuh satu sama lain saat ketinggian crane mencapai ketinggian tertentu. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan pada crane, bahkan dapat berakibat fatal bagi operator dan pengguna crane.

Untuk menghindari kondisi two block ini, banyak perusahaan menggunakan teknologi terbaru bernama anti two block crane. Apa itu anti two block crane? Bagaimana cara kerjanya? Apa manfaatnya bagi pengguna crane? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Anti Two Block Crane?

Anti two block crane adalah teknologi yang dikembangkan khusus untuk mencegah kondisi two block saat penggunaan crane. Sistem ini bekerja dengan cara menghentikan motor jib (bagian crane yang menjulang ke atas) sebelum hook dan block berada dalam posisi menjepit atau menyentuh satu sama lain. Sistem ini menggunakan sensor yang dipasang pada hook dan block yang akan memberikan sinyal ke sistem kontrol crane untuk menghentikan motor jib sebelum terjadi two block.

Cara Kerja Anti Two Block Crane

Anti two block crane menggunakan teknologi yang cukup canggih dan sensitif. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu sensor, kontrol crane, motor jib, dan kabel penghubung. Sensor dipasang pada hook dan block yang akan mendeteksi jarak antara keduanya. Ketika jarak tersebut sudah mendekati batas aman, sensor akan memberikan sinyal ke kontrol crane untuk menghentikan motor jib agar tidak terjadi two block.

BACA JUGA:   Pengapian Tiger: Teknologi Canggih pada Mobil

Sistem ini sangat akurat dan dapat menghentikan motor jib hanya dalam hitungan detik saja setelah mendeteksi adanya peningkatan jarak antara hook dan block. Proses penghentian motor jib terjadi secara otomatis dan sangat cepat sehingga operator crane tidak perlu khawatir terhadap kemungkinan terjadinya two block.

Manfaat Anti Two Block Crane

Penggunaan anti two block crane memberikan banyak manfaat bagi pengguna crane. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Mencegah Terjadinya Two Block

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anti two block crane berfungsi untuk mencegah terjadinya kondisi two block yang sangat berbahaya. Dengan menghentikan motor jib saat hook dan block mendekati batas aman, maka kondisi two block dapat dihindari sehingga operator crane tidak perlu khawatir lagi terhadap kemungkinan kecelakaan fatal yang dapat terjadi pada crane.

Menghindari Kerusakan pada Crane

Kondisi two block tidak hanya berbahaya bagi operator crane, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada crane. Dengan penggunaan anti two block crane, risiko kerusakan pada crane dapat dihindari sehingga crane dapat bekerja secara optimal dan tidak mengalami kerusakan yang dapat mengurangi produktivitas kerja.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Dengan penggunaan anti two block crane, operator crane dapat bekerja dengan lebih efisien dan produktif. Karena risiko two block dapat dihindari, maka operator crane tidak perlu lagi khawatir terhadap potensi kecelakaan atau kerusakan pada crane yang dapat menghambat efektivitas kerja. Hal ini tentu akan berdampak positif pada produktivitas kerja secara keseluruhan.

Kesimpulan

Anti two block crane adalah teknologi canggih yang sangat bermanfaat bagi pengguna crane. Dengan penggunaan teknologi ini, risiko two block dapat dihindari sehingga operator crane dapat bekerja dengan lebih aman dan produktif. Anti two block crane juga dapat menghindari kerusakan pada crane yang dapat mengurangi produktivitas kerja. Bagi perusahaan yang menggunakan crane dalam kegiatan operasionalnya, penggunaan anti two block crane menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan keamanan kerja dan produktivitas secara umum.

BACA JUGA:   Jalur CDI Tiger Revo: Panduan Lengkap Oleh Ahli Otomotif