Skip to content
Home ยป Alasan Motor Vixion Brebet dan Cara Mengatasinya

Alasan Motor Vixion Brebet dan Cara Mengatasinya

Motor Vixion tentunya bukanlah motor yang asing bagi para pengendara sepeda motor. Motor yang diproduksi oleh Yamaha ini sudah banyak dipakai dan diandalkan oleh banyak orang. Namun, ada beberapa masalah yang terkadang terjadi pada motor ini, salah satunya adalah brebet.

Brebet sendiri adalah masalah pada motor yang terjadi ketika pengendara mengalami kesulitan ketika menyalakan mesin atau langsung mati saat dinyalakan. Masalah ini tentu sangat mengganggu pengendara dan dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Maka dari itu, pada artikel kali ini, saya akan membahas penyebab motor Vixion brebet dan cara mengatasinya.

1. Karburator yang Kotor

Salah satu penyebab motor Vixion brebet adalah karburator yang kotor. Hal ini umumnya terjadi karena penggunaan bahan bakar yang kurang berkualitas dan tidak terawat dengan baik. Ketika karburator kotor, campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak seimbang. Hal ini tentu dapat menyebabkan mesin jadi brebet.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan karburator secara berkala. Pastikan bahan bakar yang digunakan sudah berkualitas dan memperhatikan penyetelan karburator agar tidak terlalu kaya atau miskin bahan bakar.

2. Busi yang Rusak

Busi yang rusak atau kotor juga dapat menyebabkan motor Vixion brebet. Saat busi kotor, listrik yang mengalir ke mesin menjadi tidak stabil dan mengakibatkan mesin tidak dapat menyala secara maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengganti busi yang rusak dengan yang baru secara berkala. Selain itu, pastikan busi tetap bersih dan terawat.

3. Filter Udara yang Kotor

Filter udara yang kotor juga dapat menjadi penyebab motor Vixion brebet. Hal ini terjadi karena debu dan kotoran yang menempel pada filter udara dapat menyebabkan aliran udara menjadi tidak lancar. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang masuk menjadi tidak seimbang.

BACA JUGA:   Penyebab Motor Ngempos dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan filter udara selalu dalam keadaan bersih dan teratur membersihkan filter udara secara berkala.

4. Pengapian yang Buruk

Pengapian yang buruk juga dapat menyebabkan motor Vixion brebet. Salah satu alasan pengapian buruk adalah karena spul yang kotor. Ketika spul pada mesin kotor, daya listrik yang mengalir ke mesin tidak maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan pemeriksaan secara berkala dan pastikan spul dalam keadaan bersih dan terawat.

Kesimpulan

Motor Vixion brebet tentu sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan pada beberapa komponen motor. Pastikan karburator, busi, filter udara, dan pengapian selalu dalam keadaan bersih dan terawat agar mesin tetap sehat dan tidak brebet. Jangan lupa melakukan perawatan berkala pada motornya supaya dapat berfungsi secara optimal.