Skip to content
Home » Air Radiator Motor Vixion: Meningkatkan Performa Mesin dengan Cepat dan Efektif

Air Radiator Motor Vixion: Meningkatkan Performa Mesin dengan Cepat dan Efektif

Jika Anda ingin meningkatkan performa mesin motor Vixion Anda, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mengganti air radiator. Air radiator yang berfungsi sebagai pendingin mesin tersebut, merupakan komponen yang sangat penting untuk menghindari overheat saat berkendara dengan jarak yang jauh.

Apa itu Air Radiator?

Air radiator adalah sistem pendingin mesin yang berfungsi untuk mengeluarkan panas yang dihasilkan mesin. Radiator terdiri dari dua selongsong aluminium yang terpasang satu di atas yang lain, dipisahkan oleh sirip aluminium, dan tersemat melintasi seluruh kisi-kisi aluminium. Ketika mesin berjalan, sirip aluminium mengambil panas yang dihasilkan oleh mesin dan dilepaskan melalui pendingin panas.

Kenapa Harus Mengganti Radiator Air?

Setiap komponen pada mesin pasti memiliki umur yang terbatas. Begitu pula dengan air radiator. Setelah beberapa waktu penggunaannya, air radiator akan mengalami kotoran dan sisa-sisa yang menempel pada sirip aluminium, sehingga menyebabkan kurang optimalnya mengeluarkan panas. Seiring berjalannya waktu, tak terelakkan bahwa air radiator akan mengalami kerusakan atau kotoran yang tak terlihat. Karenanya, perlu disarankan mengganti air radiator secara rutin.

Apa Keuntungan dari Mengganti Air Radiator?

Mengganti air radiator memberikan banyak keuntungan bagi mesin, seperti meningkatkan performa mesin dan menghindari overheating. Radiator air baru dapat meningkatkan sirkulasi udara di dalam mesin, yang berarti mesin tidak akan terlalu panas selama waktu yang lama. Ini memperpanjang masa pakai mesin, memberikan nilai tambah pada kenyamanan berkendara dan menghemat biaya perawatan.

Kapan Harus Mengganti Air Radiator?

Idealnya, air radiator harus diganti setelah 2 tahun atau 40.000 km penggunaan. Namun jika Anda sering berkendara dalam kondisi macet atau di daerah panas, lebih baik Anda mengganti air radiator setiap 1-1,5 tahun.

BACA JUGA:   Mengulas Kelebihan dan Spesifikasi Suzuki Swift

Apa Fungsi dari Air Radiator Motor Vixion?

Mengingat pentingnya fungsi air radiator, harus diingat bahwa motor Vixion menggunakan mesin dengan kapasitas 150cc. Oleh karena itu, perlunya komponen pendingin yang bagus dan optimal. Air radiator dipakai untuk memberikan sirkulasi udara yang optimal pada mesin Vixion, selain itu mengoptimalkan sirkulasi minyak oli ketika dipecahkan. Sehingga, kinerja mesin motor Vixion lebih optimal dan tepat sasaran.

Kualitas Radiator yang Harus Dipilih

Ada beberapa radiator yang disebut jenis replika yang ada di pasaran saat ini, selain harga yang murah. Sebaiknya Anda harus lebih jeli dalam memilih jenis radiator yang sesuai dengan motor Vixion Anda. Kualitas radiator dari merek yang terpercaya akan lebih baik dan awet digunakan. Jangan asal memilih yang murah, bisa-bisa malah merugikan dikemudian hari.

Langkah Mengganti Air Radiator Motor Vixion

Langkah-langkah dalam mengganti air radiator motor Vixion relatif mudah, namun jika Anda belum pernah melakukannya sendiri lebih baik Anda mencari bantuan orang yang lebih berpengalaman atau servis motor terdekat.

Berikut adalah tahapan mengganti air radiator motor Vixion:

  1. Matikan mesin motor, jangan sampai mesin masih panas karena dapat mengakibatkan kecelakaan.
  2. Lepaskan tutup tangki air.
  3. Ambil pipa yang terhubung dengan radiator, lepaskan dengan hati-hati dan tutup bagian pipa tersebut dengan kain atau plastik agar tidak tercampur dengan kotoran.
  4. Lepaskan baut yang terletak di bagian atas radiator dan lepaskan semua kabel atau pipa yang terhubung pada radiator.
  5. Keluarkan selongsong radiator agar tidak terjadi kerusakan saat proses penggantian.
  6. Pasang radiator yang baru dan kunci kembali dengan semua kabel dan pipa yang dihubungkan ke radiator.
  7. Tambahkan air sambungan radiator Toyota hingga penuh dan siap digunakan.
BACA JUGA:   Karburator yang Cocok Buat Smash 110

Kesimpulan

Air radiator sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin motor Vixion Anda. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengganti radiator secara berkala seperti meningkatkan sirkulasi udara pada mesin, membuat mesin bekerja lebih optimal dan menghemat biaya perawatan. Pilihlah radiator yang berkualitas untuk memberikan proteksi yang terbaik pada mesin Anda serta jangan lupa untuk mengecek secara berkala agar terhindar dari kendala yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin Anda.