Skip to content

Arti Jaso pada Oli: Penjelasan Lengkap oleh Ahli Otomotif

Apakah Anda pernah mendengar istilah "Jaso" pada oli mesin kendaraan? Jaso sebenarnya adalah singkatan dari Japanese Automotive Standards Organization. Organisasi ini bertanggung jawab atas pengembangan standar industri untuk industri otomotif di Jepang dan diakui di seluruh dunia.

Standar Jaso sangat penting dalam dunia otomotif, terutama dalam memilih oli mesin yang tepat untuk kendaraan Anda. Oli mesin yang baik harus memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar Jaso yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan Anda.

Mengapa Standar Jaso Penting?

Standar Jaso memberikan petunjuk bagi produsen oli mesin untuk menghasilkan oli mesin berkualitas tinggi yang memenuhi persyaratan tertentu. Setiap standar Jaso menetapkan kriteria yang berbeda untuk oli mesin seperti kekentalan, perlindungan karat dan keausan, serta emisi gas buang.

Jadi, jika Anda ingin menghindari kerusakan mesin atau pelumasan yang buruk, Anda harus memilih oli mesin yang memenuhi standar Jaso yang diperlukan. Oli mesin yang berkualitas buruk dapat menyebabkan masalah, seperti peningkatan konsumsi bahan bakar, rasa panas pada mesin, dan penggunaan oli mesin yang lebih sering.

Jenis Standar Jaso pada Oli Mesin

Standar Jaso MA dan MA2

Standar Jaso MA dirancang untuk mesin 4-tak bensin dengan kopling basah yang membutuhkan performa oli mesin tinggi dalam kondisi siang dan malam. Sedangkan standar Jaso MA2 dirancang untuk memenuhi batasan emisi gas buang yang diperbolehkan pada mesin dengan teknologi injeksi langsung.

Standar Jaso MB

Standar Jaso MB dirancang untuk mesin 4-tak berteknologi injeksi langsung. Oli mesin dengan standar Jaso MB dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.

Standar Jaso T903

Standar Jaso T903 dirancang untuk mesin 2-tak bensin yang digunakan pada kendaraan roda dua atau boat. Standar ini terbagi menjadi 4 kategori: Jaso FB, Jaso FC, Jaso FD, dan Jaso FE. Semakin tinggi nomor kategori standar Jaso, semakin tinggi pula kualitas oli mesin yang diperlukan.

BACA JUGA:   Konsumsi BBM Yamaha Vixion 2013

Kesimpulan

Standar Jaso sangat penting untuk memilih oli mesin yang tepat untuk kendaraan Anda. Memilih oli mesin dengan standar Jaso yang tepat dapat membantu meningkatkan performa kendaraan dan menghindari kerusakan mesin yang mahal. Selalu pastikan untuk memeriksa spesifikasi dan standar Jaso yang diperlukan untuk kendaraan Anda sebelum memilih oli mesin yang tepat untuk digunakan.