Skip to content

Cara Membuat Lampu Sein Motor Berkedip Bersamaan

Jika Anda seorang penggemar motor, tentu sudah menjadi hal yang umum bagi Anda untuk berkreasi dan memodifikasi motor Anda, salah satunya adalah mengganti lampu sein yang biasa dengan lampu sein yang bisa berkedip bersamaan. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan yang jelas dan terperinci tentang cara membuat lampu sein motor berkedip bersamaan.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai, ada beberapa alat dan bahan yang Anda butuhkan. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Relay lampu sein
  • Kabel tembaga
  • Kabel tembaga berwarna
  • Sakelar tempat anda menggantikan sakelar lampu sein
  • Plastik / bahan yang kuat untuk menempatkan relay
  • Seperangkat kunci pengencang
  • Solder
  • Soldering iron
  • Cutter

Langkah-langkah

Setelah Anda mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Matikan Semua Sumber Listrik

Pastikan Anda memutuskan semua sumber listrik sebelum memulai modifikasi. Hal ini sangat penting untuk mencegah risiko kecelakaan listrik yang tidak diinginkan.

Langkah 2: Buka Panel Sein

Buka panel sein di sekitar handlebar dengan menggunakan seperangkat kunci pengencang. Setelah itu, cari terminal lampu sein yang terletak di dalam panel tersebut.

Langkah 3: Pasang Relay Lampu Sein

Relay lampu sein adalah komponen penting untuk membuat lampu sein motor Anda dapat berkedip bersamaan. Pasang relay lampu sein di dalam panel sein menggunakan plastik atau bahan yang kuat untuk menempelkannya. Jangan lupa untuk memasang relay dengan benar dengan mengikuti diagram skema yang disertakan dengan relay tersebut.

Langkah 4: Hubungkan Relay ke Sakelar

Sambungkan kabel tembaga dari terminal relay ke sakelar yang sudah Anda persiapkan. Pasangkan sakelar di tempat lampu sein lama Anda, dan sambungkan kabel tembaga pada sakelar tersebut.

BACA JUGA:   Penyebab Motor di Tarik Gas Mati

Langkah 5: Hubungkan Kabel Tembaga Berwarna

Sambungkan kabel tembaga berwarna dari relay ke lampu sein motor Anda. Hubungkan kabel tembaga ini pada terminal lampu sein positif dan negatif yang sudah Anda temukan pada tahap kedua.

Langkah 6: Uji Coba

Setelah selesai menghubungkan kabel-kabel yang diperlukan, nyalakan sumber listrik dan tes kinerja lampu sein Anda. Lampu sein motor Anda sekarang akan dapat berkedip bersamaan dengan bantuan relay yang sudah Anda tambahkan.

Kesimpulan

Itulah panduan singkat tentang cara membuat lampu sein motor berkedip bersamaan. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan dengan baik sebelum memulai modifikasi ini. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memasang relay untuk membuat lampu sein motor Anda dapat berkedip bersamaan. Mulailah berkreasi dan mulailah membuat modifikasi yang berbeda untuk motor Anda agar menjadi lebih keren dan dapat mencuri perhatian orang lain di jalan raya.