Skip to content

Jenis Bucket Excavator: Pilih Yang Mana?

Bucket excavator adalah alat berat yang digunakan untuk menggali dan mengangkut material pada area konstruksi. Ada beberapa jenis bucket excavator yang bisa dipilih untuk berbagai jenis pekerjaan. Berikut adalah beberapa jenis bucket excavator yang perlu anda ketahui agar bisa memilih yang sesuai dengan pekerjaan Anda.

Standard Bucket

Bucket standar adalah bucket excavator yang digunakan secara umum dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bucket ini dirancang untuk mengangkut kelompok material yang lebih kecil seperti tanah, pasir atau kerikil. Menurut merk dan tipe excavator, bucket ini biasanya tersedia dalam beberapa ukuran yang berbeda sesuai kebutuhan.

Bucket Berat atau Heavy Duty Bucket

Bucket jenis ini digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat, seperti menggali tanah dan batuan yang lebih keras. Bucket heavy duty biasanya dilengkapi dengan bahan yang lebih tahan lama dan memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan bucket standar. Bucket jenis ini memiliki daya tahan yang lebih lama pada kondisi kerja yang berat.

Bucket Tilt

Bucket tilt memiliki kemampuan untuk melakukan gerakan rotasi agar bisa menyeimbangkan material yang diangkut ke satu sisi bucket. Fungsi ini memudahkan pengemudi excavator untuk memindahkan material pada area yang sempit atau berbatu. Bucket tilt juga memungkinkan untuk mengangkut material lebih banyak dalam separuh waktu.

Skeleton Bucket

Skeleton bucket adalah jenis bucket excavator yang memiliki lubang-lubang kecil di seluruh permukaan untuk memungkinkan pengemudi untuk mengangkut material yang lebih kecil seperti batu atau kerikil tetapi memungkinkan pasir atau tanah jatuh ke tanah. Bucket ini memiliki konstruksi yang lebih ringan namun kuat dan tahan lama karena dirancang khusus untuk pekerjaan memisahkan material.

BACA JUGA:   Menghindari Masalah Mesin Mobil dan Teknik Perawatannya

V-shaped Bucket

Bucket jenis ini memiliki bentuk seperti huruf "V" dan digunakan untuk menggali saluran air, parit atau kanal. Bucket V-shape bisa lebih memberikan akurasi saat membentuk dinding parit dan menjadi solusi yang baik untuk mempermudah pekerjaan pada area yang sempit.

Clamshell Bucket

Bucket jenis clamshell digunakan untuk mengangkut material yang lebih besar pada area yang cukup dalam atau sulit dijangkau. Bucket clamshell digunakan untuk mengangkut material dalam jumlah banyak seperti batu, pecahan beton atau kerikil pada pekerjaan pembangunan jalan tol, pelabuhan atau proyek-proyek konstruksi besar lainnya.

Kesimpulan

Memilih jenis bucket excavator yang tepat dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan efisien. Setiap jenis bucket memiliki kegunaan dan karakteristik yang berbeda-beda dan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Jangan hanya memilih berdasarkan harga, tetapi pertimbangkan juga kapasitas dan ketahanan bucket. Jenis bucket excavator yang sesuai dengan pekerjaan juga dapat menghindari kerusakan pada mesin dan membantu meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda.