Skip to content

Cara Ganti Karet Rumah Kopling RX King

RX King adalah motor legendaris yang masih diminati oleh banyak penggemar motor di Indonesia. Salah satu perawatan yang harus dilakukan pada RX King adalah mengganti karet rumah kopling. Karet rumah kopling yang sudah aus dan robek dapat menimbulkan masalah pada kopling seperti slip atau sulit diganti gigi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengganti karet rumah kopling RX King dengan langkah-langkah yang sangat detail.

Persiapan

Sebelum memulai proses penggantian karet rumah kopling RX King, pastikan Anda sudah menyiapkan alat yang diperlukan, antara lain:

  • Obeng
  • Kunci pas 10mm
  • Kunci pas 12mm
  • Kunci pas 14mm
  • Oli mesin
  • Lap bersih
  • Karet kopling baru

Langkah 1 – Membuka Bagian Bawah Mesin

Pertama-tama, letakkan motor RX King di atas standar tengah. Kemudian, buka kaki depan motor dan lepas baut yang mengikat mesin dan rangka motor. Setelah itu, turunkan mesin dengan mengangkat bagian belakang motor dengan menggunakan dongkrak. Setelah mesin sudah berada di posisi terendah, bongkar semua bagian bawah mesin.

Langkah 2 – Membuka Cover Kopling

Setelah bagian bawah mesin terbuka, langkah selanjutnya adalah membuka cover kopling. Untuk membuka cover ini, lepas kedua baut yang mengikat cover kopling dengan menggunakan kunci pas 12mm. Setelah kedua baut terlepas, tarik cover kopling hingga lepas dari mesin.

Langkah 3 – Membuka Kopling

Setelah cover kopling terlepas, langkah berikutnya adalah membuka kopling. Caranya, lepas semua baut yang mengunci kopling menggunakan kunci pas 10mm. Setelah semua baut terlepas, angkat kopling dari mesin.

Langkah 4 – Mengganti Karet Rumah Kopling

Setelah kopling terbuka, ganti karet rumah kopling yang sudah aus dengan yang baru. Pertama-tama, bersihkan bagian dalam rumah kopling dengan lap dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel. Kemudian, pasang karet kopling baru pada bagian dalam rumah kopling dengan menekannya hingga pas. Pastikan posisi karet kopling sudah pas dan rapi.

BACA JUGA:   Ukuran Bearing 6200: Semua yang Harus Anda Ketahui

Langkah 5 – Memasang Kembali Kopling

Setelah karet rumah kopling baru terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang kembali kopling. Caranya, taruh kopling yang sudah dipasang karetnya pada mesin dan pasang kembali semua baut dengan kunci pas 10mm.

Langkah 6 – Menutup Kembali Cover Kopling

Setelah kopling terpasang dengan baik, langkah terakhir adalah menutup kembali cover kopling. Caranya, pasang cover kopling pada mesin dan pasang kembali kedua baut dengan kunci pas 12mm.

Selesai

Proses penggantian karet rumah kopling RX King selesai dilakukan. Pastikan semua bagian dalam mesin sudah terpasang dengan baik dan rapat. Sebelum mengendarai RX King, pastikan semua baut dan bagian sudah terpasang dan terkencang dengan benar.

Kesimpulan

Mengganti karet rumah kopling RX King sesungguhnya tidak terlalu sulit dilakukan jika Anda tahu caranya. Namun, jika Anda merasa tidak yakin atau kurang berpengalaman dalam merawat motor, sebaiknya gunakan jasa mekanik yang sudah berpengalaman. Dengan melakukan perawatan yang baik dengan mengganti karet rumah kopling ketika sudah aus, Anda bisa menjaga kondisi kopling RX King tetap terjaga dan tahan lama.