Skip to content

Mengetahui Lebih Dalam Tentang Tombol Idling Stop

Tombol idling stop merupakan salah satu inovasi baru yang dilakukan oleh para produsen mobil di seluruh dunia. Meskipun tidak semua produsen mobil menerapkannya, namun ide untuk membuat tombol ini muncul dengan tujuan untuk menghemat bahan bakar dan meredam polusi. Apa saja yang perlu diketahui tentang tombol idling stop?

Apa Itu Tombol Idling Stop?

Tombol idling stop adalah tombol yang berfungsi untuk menghentikan mesin kendaraan saat kendaraan sedang berhenti, seperti saat kita berada di jalan lampu merah dan tengah menunggu lampu hijau. Fungsi tombol ini adalah untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi kendaraan. Saat tombol diaktifkan, mesin kendaraan akan mati secara otomatis dan akan menyala kembali saat kita menginjak pedal gas atau mengeluarkan kopling.

Keuntungan Menggunakan Tombol Idling Stop

Menggunakan tombol idling stop memberikan keuntungan bagi pengendara kendaraan. Yang pertama adalah menghemat bahan bakar. Saat mesin kendaraan mati, maka penggunaan bahan bakar juga berhenti sehingga tidak boros. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga akan berkurang hingga 5% setiap harinya. Kemudian, tombol idling stop juga membantu mengurangi polusi udara. Hal ini dikarenakan emisi gas buang kendaraan yang dihasilkan saat mesin kendaraan berhenti akan berkurang.

Cara Menggunakan Tombol Idling Stop

Cara menggunakan tombol idling stop sangat mudah. Saat kita sedang mengemudikan kendaraan dan ingin mengaktifkan tombol ini, maka kita hanya perlu menekan tombol tersebut yang biasanya berada di sebelah tuas gigi atau di samping setir. Namun, terkadang tombol ini hanya tersedia pada varian tertentu atau model tertentu dari kendaraan.

Kendala Menggunakan Tombol Idling Stop

Meskipun memiliki keuntungan yang cukup besar, namun tombol idling stop juga memiliki kendala. Yang pertama adalah kenyamanan saat berkendara. Saat mesin kendaraan mati, maka kita tidak bisa menghidupkan AC atau radio sehingga membuat kita merasa tidak nyaman. Kemudian, saat mesin kendaraan menyala kembali, pertama kali yang dirasakan adalah getaran yang cukup kuat sehingga tidak nyaman. Namun, hal ini masih bisa diatasi dengan memilih model kendaraan yang nyaman menggunakan tombol ini.

BACA JUGA:   Persamaan Rantai Keteng Mio Sporty: Semua yang Harus Kamu Tahu

Kesimpulan

Tombol idling stop sangat membantu dalam menghemat bahan bakar dan meredam polusi. Meskipun memiliki kendala, namun bila kita mampu mengatasi kendala tersebut, maka tombol ini sangat membantu dalam mengurangi penggunaan bahan bakar dan polusi udara. Sebagai pengguna kendaraan, pastikan kita mengetahui cara kerja dan cara penggunaannya sehingga dapat memaksimalkan potensi penggunaan tombol idling stop dan menyelamatkan lingkungan kita.