Skip to content

SUKU CADANG MOBIL YANG WAJIB DI-CEK DALAM PEMELIHARAAN RUTIN

Sebagai pemilik mobil yang baik, Anda pasti tahu betapa pentingnya merawat kendaraan agar tetap dalam kondisi prima. Salah satu cara terbaik untuk melakukan pemeliharaan rutin adalah dengan memeriksa suku cadang mobil secara berkala. Suku cadang adalah komponen penting yang memungkinkan mobil Anda berfungsi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa suku cadang mobil yang perlu di-cek secara teratur:

1. Oli Mesin

Oli mesin adalah pelumas yang sangat penting untuk menjaga kinerja mesin kendaraan. Jika oli mesin tidak di-cek secara rutin dan diganti secara teratur, maka mesin mobil Anda dapat mengalami kerusakan serius. Pastikan selalu memeriksa level dan kondisi oli mesin sebelum memulai perjalanan.

2. Filter Oli

Filter oli adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menyaring kotoran dari oli mesin. Seringkali kita lupa untuk memeriksa filter oli ini. Pastikan selalu memeriksa kondisi filter oli dan menggantinya pada interval yang di-rekomendasikan oleh pabrik pembuat mobil.

3. Busi

Busi adalah suku cadang yang membantu menghasilkan percikan api di dalam mesin kendaraan. Jika busi rusak atau kotor, mobil Anda mungkin mengalami kesulitan untuk dinyalakan. Pastikan selalu memeriksa keadaan busi dan menggantinya jika diperlukan.

4. Brek

Brek adalah sistem penghenti kendaraan yang memungkinkan mobil Anda berhenti ketika diperlukan. Pastikan selalu memeriksa keadaan brek dan mengecek tingkat kehabisan cairan rem pada interval yang tepat.

5. Kondisi Ban

Ban merupakan satu-satunya titik kontak mobil dengan jalan. Oleh karena itu, pastikan selalu memeriksa kondisi ban dan ketebalan tapaknya. Ban yang aus atau bisanya tak seimbang dapat mengancam keselamatan Anda dan pengendara lainnya di jalan.

6. Kondisi Aki

Aki pada mobil memiliki fungsi sebagai daya penggerak listrik utama. Pastikan selalu memeriksa tingkat kehabisan air dan kondisi kable accu secara rutin.

BACA JUGA:   As Roda Belakang Supra X 125: Solusi Tepat untuk Kebutuhan Bermotor Anda

7. Radiator

Radiator adalah suku cadang yang terdiri dari pipa-pipa kecil dan hambatan udara untuk menjaga air pendingin tetap bekerja dalam kondisi baik. Memeriksa radiator pada interval yang tepat sangat penting untuk membantu menghindari overheat atau kepanasan pada mesin.

Dalam melakukan perawatan rutin kendaraan Anda, jangan lupa untuk memeriksa setiap suku cadang mobil pada interval yang tepat untuk memastikan bahwa mobil Anda berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Dan jika Anda merasa bahwa Anda tidak yakin tentang cara memeriksa suku cadang mobil Anda, sangat disarankan untuk membawa kendaraan ke bengkel terdekat dan melakukan perawatan bersama teknisi yang berpengalaman.

Jadi, mulai sekarang, selalu perhatikan suku cadang mobil Anda dan pastikan semuanya dalam keadaan baik. Mobil yang terjaga dengan baik akan selalu membawa Anda ke mana pun Anda inginkan dengan nyaman dan aman.