Skip to content
Home ยป 6 Teknik Dasar Perawatan Motor yang Harus Diketahui Setiap Pengendara

6 Teknik Dasar Perawatan Motor yang Harus Diketahui Setiap Pengendara

Mengecek Oli

Salah satu hal terpenting dalam perawatan motor adalah memeriksa kondisi oli secara rutin. Oli yang banyak digunakan atau sudah terkontaminasi dapat membuat mesin bekerja lebih berat dan merusak komponen dalam mesin. Periksa level oli dengan stik ukur oli dan pastikan kadar oli masih cukup.

Mengecek Baterai

Baterai adalah salah satu komponen penting yang memungkinkan motor untuk dapat dihidupkan dan dikendarai. Pastikan baterai dalam keadaan bersih dan kering serta kabel yang terhubung ke baterai tidak lepas atau rusak. Baterai harus juga diisi dengan air aki secara berkala agar tetap terisi dengan kadar air yang optimal.

Mengecek Busi

Busi yang bersih dan dalam kondisi yang baik dapat membantu memaksimalkan tenaga dan efisiensi bahan bakar yang digunakan oleh motor. Periksa busi pada setiap interval perawatan dan pastikan kondisinya cukup baik. Jika tidak, ganti busi dengan yang baru untuk memastikan kinerja motor berjalan optimal.

Perawatan Rantai

Rantai adalah salah satu komponen motor yang memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Pastikan rantai tetap dalam keadaan kencang dan bersih dari kotoran dan lumpur yang menempel. Jika rantai sudah terlalu kendor atau sudah aus, sebaiknya diganti dengan rantai baru untuk menjamin performa motor.

Memeriksa Rem

Rem adalah perangkat keselamatan paling penting pada motor. Pastikan rem pada motor anda masih berfungsi dengan baik. Rem yang sudah terlalu aus atau komponen rem pada motor yang tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan kecelakaan atau cedera serius. Selalu periksa kondisi rem Anda dan segera ganti jika ditemukan kerusakan.

BACA JUGA:   Setelan Kopling RX King: Inilah Yang Perlu Anda Ketahui

Mengganti Kanvas Rem

Jika Anda merasa rem motor mulai terasa licin atau tidak berfungsi sebaiknya segera ganti kanvas rem. Kanvas rem yang aus dapat menurunkan efektivitas rem dan menimbulkan risiko kecelakaan. Hindari penggunaan rem pada kondisi kanvas rem yang sangat tipis, karena bisa jadi kanvas akan terkikis habis dan rem tidak bekerja sama sekali.

Itulah 6 teknik dasar perawatan motor yang harus diketahui setiap pengendara. Kendaraan yang terawat baik tidak hanya akan selalu berada dalam kondisi prima, tapi juga lebih efisien dan tahan lama. Jangan lupa selalu periksa keadaan motor Anda sebelum berkendara untuk menjaga keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.