Skip to content
Home » 20W 50 Artinya? Inilah Penjelasannya

20W 50 Artinya? Inilah Penjelasannya

Sebagai seorang pengemar mobil atau motor, Anda pasti pernah mendengar tentang 20W 50. Tapi, apa artinya sebenarnya? Bagi mereka yang familiar dengan kendaraan berbahan bakar minyak, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, bagi pemilik kendaraan baru atau yang kurang tahu, hal ini mungkin membuat bingung. Maka dari itu, di artikel ini kita akan membahas secara detail tentang 20W 50.

Apa Itu 20W 50?

20W 50 adalah kode viskositas untuk minyak mesin kendaraan. Viskositas adalah indikator ketebalan minyak mesin yang diukur pada suhu tertentu. Visokitas dinyatakan menggunakan angka-angka seperti 20W 50.

Angka pertama (20W) mengacu pada kecepatan aliran minyak mesin pada suhu rendah, sedangkan angka kedua (50) mengacu pada kecepatan aliran pada suhu yang lebih tinggi. Oleh karena itu, angka pertama sering disebut sebagai “nilai SAE pendingin”, sementara angka kedua disebut sebagai “nilai SAE panas”.

Arti Angka 20W

Angka 20W menunjukkan viskositas minyak mesin pada suhu rendah (W singkatan dari winter atau musim dingin). Minyak mesin dengan viskositas rendah dapat mengalir dengan mudah pada suhu rendah, mengurangi gesekan saat mesin mulai dihidupkan. Ini adalah angka sama pada viskositas minyak mesin sama dengan 5W 20, 0W 20, 10W 30, dan 5W 30.

Sementara itu, angka W pada 20W mengacu pada pengujian viskositas pada suhu 0 derajat Celsius. Minyak mesin dengan viskositas 20W mengalir secara optimal pada suhu yang lebih tinggi.

Arti Angka 50

Angka 50 mengacu pada viskositas minyak mesin pada suhu yang lebih tinggi. Nilai ini menjadi semakin penting untuk kendaraan dengan mesin besar dan kuat, karena suhu mesin cenderung meningkat saat bekerja dalam kondisi yang ekstrim. Biasanya, minyak mesin dengan viskositas lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang lebih baik dan dapat mengurangi gesekan pada mesin.

BACA JUGA:   Cara Menghitung Durasi Noken As Motor

Namun, meskipun minyak mesin dengan viskositas 50 lebih kental, ini bukan berarti lebih baik dalam semua situasi. Jika suhu udara sangat dingin, minyak mesin dengan viskositas 50 mungkin akan membuat mesin sulit dihidupkan.

Kapan Membeli Minyak Mesin 20W 50?

Ketika membeli minyak mesin, sangat penting untuk memperhatikan petunjuk penggunaan di manual kendaraan Anda. Selalu periksa rekomendasi pabrik kendaraan Anda terkait viskositas atau jenis minyak mesin yang cocok.

Jika Anda tinggal di daerah dengan suhu rendah, maka minyak mesin dengan viskositas W yang lebih rendah mungkin lebih cocok. Jika Anda tinggal di daerah dengan suhu yang lebih tinggi, atau menggunakan kendaraan dengan mesin yang lebih besar, maka minyak mesin dengan viskositas yang lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang lebih baik.

Kesimpulan

Ini adalah penjelasan singkat tentang 20W 50 dan artinya. Kode viskositas ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja mesin kendaraan Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa manual kendaraan Anda saat memilih jenis dan viskositas minyak mesin untuk kendaraan Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Jangan lupa, ganti oli kendaraan Anda secara teratur untuk menjaga kinerja yang optimal.